PEMAHAMAN HADIS-HADIS SYIRIK PERSPEKTIF ‘ABD AL-RAḤMAN IBN ḤASAN ALU AL-SYAIKH (Studi Kitab Fatḥ al-Majid Syarḥ Kitab al-Tauḥid)

Raihana Mardhatillah, NIM.: 17105051007 (2022) PEMAHAMAN HADIS-HADIS SYIRIK PERSPEKTIF ‘ABD AL-RAḤMAN IBN ḤASAN ALU AL-SYAIKH (Studi Kitab Fatḥ al-Majid Syarḥ Kitab al-Tauḥid). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAHAMAN HADIS-HADIS SYIRIK PERSPEKTIF ‘ABD AL-RAḤMAN IBN ḤASAN ALU AL-SYAIKH (Studi Kitab Fatḥ al-Majid Syarḥ Kitab al-Tauḥid))
17105051007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMAHAMAN HADIS-HADIS SYIRIK PERSPEKTIF ‘ABD AL-RAḤMAN IBN ḤASAN ALU AL-SYAIKH (Studi Kitab Fatḥ al-Majid Syarḥ Kitab al-Tauḥid))
17105051007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Syirik merupakan persoalan yang fundamental, sebab bertolak belakang dengan inti dari ajaran Islam, yaitu Tauhid. Tak dapat dielakkan, syirik kerap muncul dalam kehidupan masyarakat dengan bentuk beragam yang kadang tidak disadari bahkan dianggap lumrah. Agaknya, salah satu penyebab hal ini terjadi ialah karena kurangnya pemahaman terhadap syirik itu sendiri. Pada penelitian ini, penulis akan membahas pemahaman tentang syirik melalui hadis-hadis syirik yang terdapat di dalam kitab Fatḥ al-Majīd karangan ‘Abd al-Raḥmān ibn Ḥasan Ālu al-Syaikh. Kitab ini merupakan syarah dari Kitāb al-Tauḥīd Allażī Huwa Haq Allah ‘Ala al-‘Abīd karya Muḥammad ibn ‘Abd al-Wahhāb, pelopor pertama gerakan wahhabisme. Jika dibandingkan dengan syarah Kitāb al-Tauḥīd lainnya, maka Kitab Fatḥ al-Majīd ini lebih populer dan cukup banyak digunakan di Indonesia. Persoalan pokok yang akan dibahas dalam penelitiain ini ialah bagaimana pemahaman ‘Abd al-Raḥmān ibn Ḥasan Ālu al-Syaikh terhadap hadis-hadis syirik di dalam kitab Fatḥ al-Majīd Syarḥ Kitāb al-Tauḥīd serta bagaimana relevansinya terhadap kehidupan muslim Indonesia di era modern ini. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode library research atau kajian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam kitab Fatḥ al-Majīd Syarḥ Kitāb al-Tauḥīd ditemukan sebanyak 25 hadis yang berkaitan dengan syirik. Adapun metode syarah yang digunakan oleh ‘Abd al-Raḥmān ibn Ḥasan untuk memahami hadis-hadis tersebut ialah metode taḥlīlī. Syirik dalam pandangan ‘Abd al-Raḥmān ibn Ḥasan berarti menuhankan segala sesuatu selain Allah Swt. atau lebih mementingkannya dari pada Allah, baik itu makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, hewan, ataupun benda mati seperti kuburan, patung, dan lain sebagainya. Perbuatan syirik tersebut dipandang sebagai dosa besar yang akan menjerumuskan ke dalam neraka. Konsep syirik ‘Abd al-Raḥmān ibn Ḥasan memang terkesan ekstrem. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh background beliau yang menganut paham wahhabisme, terlebih beliau merupakan keturunan keluarga dari pendiri wahhabisme sendiri. Konsep syirik ‘Abd al-Raḥmān agaknya memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pemahaman masyarakat masa kini tentang pengertian syirik dan keberadaannya, melihat banyaknya hal-hal yang menggiring manusia kepada perbuatan syirik namun hal tersebut sering tidak disadari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Indal Abror, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman hadis, syirik, ‘Abd al-Raḥmān ibn Ḥasan Ālu al-Syaikh, kitab Fatḥ al-Majid Syarḥ Kitāb al-Tauḥīd
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 11:39
Last Modified: 04 Oct 2022 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum