NILAI-NILAI FILOSOFIS PEMBACAAN MANAKIB SYEIKH ABDUL QADIR JAILANI DALAM TRADISI MASYARAKAT DI DESA MANGUNSUMAN, PONOROGO

Miftah Arifatun Nisa, NIM.: 18105010015 (2022) NILAI-NILAI FILOSOFIS PEMBACAAN MANAKIB SYEIKH ABDUL QADIR JAILANI DALAM TRADISI MASYARAKAT DI DESA MANGUNSUMAN, PONOROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI FILOSOFIS PEMBACAAN MANAKIB SYEIKH ABDUL QADIR JAILANI DALAM TRADISI MASYARAKAT DI DESA MANGUNSUMAN, PONOROGO)
18105010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI FILOSOFIS PEMBACAAN MANAKIB SYEIKH ABDUL QADIR JAILANI DALAM TRADISI MASYARAKAT DI DESA MANGUNSUMAN, PONOROGO)
18105010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembacaan Manakib Syeikh Abdul Qadir Jailani di Desa Mangunsuman Ponorogo merupakan kegiatan keagamaan yang telah berlangsung sejak tahun 1983 dan terus dilaksanakan hingga saat ini. Penyelenggaraan ritual Manakiban beserta aktifitas yang menyertainya tentu mengandung nilai-nilai filosofis yang pegang oleh masyarakat. Kepercayaan bahwa Manakiban dapat membawa keselamatan dan keberkahan masih melekat pada masyarakat Mangunsuman. Realitas ini menunjukkan bahwa manusia selalu terikat dan tidak bisa dipisahkan oleh nilai. Sebab nilai ini yang mendorong dan memberi makna kepada manusia. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui apa makna pembacaan Manakib Syeikh Abdul Qadir Jailani bagi masyarakat Mangunsuman, Ponorogo dan nilai-nilai filosofis apa yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui makna pembacaan Manakib Syeikh Abdul Qadir al-Jailani di Desa Mangunsuman, Ponorogo serta nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalam tradisi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus sebagai upaya untuk mendapatkan sebanyak mungkin data mengenai subyek yang diteliti. Sumber data didapat melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan literatur. Sementara dalam mengolah data peneliti menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan cara melakukan interpretasi terhadap temuan hasil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menemukan hakikat makna dan nilai filosofis yang terkandung dalam pembacaan Manakib Syeikh Abdul Qadir Jailani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna pembacaan Manakib Syeikh Abdul Qadir Jailani menurut masyarakat Mangunsuman adalah 1) media untuk bertawasul dan ngalap barakah dari Syeikh Abdul Qadir Jailani, 2) sebagai media untuk meningkatkan keimanan, 3) sebagai penghormatan kepada waliyullah (Syeikh Abdul Qadir Jailani), 4) ungkapan syukur atas nikmat Allah Swt, 5) sebagai sarana menambah ilmu dan wawasan baru, dan 6) sebagai sarana melestarikan tradisi. Kemudian ditemukan nilai-nilai filosofis yang memiliki relevansi dengan hierarki nilai Max Scheler yaitu, 1) nilai kenikmatan yang ditemukan pada rangkaian acara yang ditutup dengan makan bersama, 2) nilai vital yang ditemukan dalam aktivitas pelaksanaan tradisi Manakib yang mencerminkan solidaritas sosial dan kebersamaan , 3) nilai spiritual ditemukan pada tujuan Manakib sebagai ungkapan rasa syukur atas segala karunia dan Nikmat Allah Swt, dan 4) nilai kesucian terletak pada keyakinan bahwa tidak ada yang lebih diluhurkan kecuali Allah Swt. Oleh karena itu, Tuhan adalah obyek yang mutlak dalam pembacaan Manakib Syeikh Abdul Qadir Jailani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Waryani Fajar Riyanto, S.H.I., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai Filosofis, Manakib Syeikh Abdul Qadir Jailani
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 13:28
Last Modified: 04 Oct 2022 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum