EKSISTENSIALISME DALAM FOTOGRAFI KAJIAN AUTENTITAS SUBJEK DALAM BUKU “KISAH MATA” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA

Jasmine Linta Rana, NIM.: 18105010024 (2022) EKSISTENSIALISME DALAM FOTOGRAFI KAJIAN AUTENTITAS SUBJEK DALAM BUKU “KISAH MATA” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSIALISME DALAM FOTOGRAFI KAJIAN AUTENTITAS SUBJEK DALAM BUKU “KISAH MATA” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA)
18105010024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSIALISME DALAM FOTOGRAFI KAJIAN AUTENTITAS SUBJEK DALAM BUKU “KISAH MATA” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA)
18105010024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keyakinan memegang peranan penting dalam pembentukan kondisi manusia selama ini. Keyakinan bahwa ia adalah makhluk yang lebih tinggi derajatnya dari makhluk-makhluk lainnya mampu membuat dirinya berperilaku semena-mena terhadap makhluk yang memiliki derajat lebih rendah darinya. Mengetahui bahwa manusia mempunyai derajat yang lebih tinggi membuatnya sadar akan kemerdekaan dan kebebasan yang dimiliki untuk memilih apapun yang diinginkan. Persoalan kebebasan manusia juga diutarakan oleh aliran dalam ilmu kalam yaitu aliran Al-Qodariyah, yang berpendapat bahwa manusia juga mempunyai kemerdekaan dalam kehendak dan perbuatannya (free will free act). Aliran Qodariyah berpendapat bahwa manusia mempunyai kebebasan untuk berbuat dan menentukan cara hidupnya sesuai dengan yang diinginkannya. Berbicara kebebasan peneliti melihat banyak orang dari kalangan muda sampai tua yang memilih untuk memiliki hobi atau minat salah satunya terhadap dunia fotografi dan akhirnya berujung pada fotografi dijadikan pekerjaan mereka. Pandangan terhadap kondisi manusia yang seperti ini merupakan titik awal dari penelitian yang akan penulis lakukan terhadap eksistensialisme dalam fotografi, yang dalam hal ini akan dikaji dengan kajian autentitas subjek dalam buku Kisah Mata karya Seno Gumira Ajidarma. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research), dengan metode kualitatif. Sumber data yang didapat melalui sumber data primer dan sekunder. Sementara dalam mengolah data, data yang telah dikumpulkan selanjutnya akan diolah melalui beberapa metode, yaitu metode interpretasi, metode deskriptif, dan metode analisis. Sehingga pada tahap akhir dapat menyimpulkan tentang eksistensialisme dalam fotografi kajian autentitas subjek dalam buku Kisah Mata. Hasil penelitian menunjukkan tentang pengertian eksistensialisme secara umum, pengertian fotografi dan gambaran buku kisah mata. Pada eksistensialisme dalam fotografi kajian autentitas subjek buku Kisah Mata karya Seno Gumira Ajidarma pada awalnya dengan pandangan buku Kisah Mata autentitas subjek yaitu, Subjek-yang-Memotret dan Subjek-yang-Memandang. Tetapi setelah dilakukan penelitian kepustakaan ini terdapat satu subjek lagi yang bereksistensi dalam dunia fotografi, yaitu manusia atau model yang dijadikan objek oleh Subjek-yang-Memotret yang menyadari keputusasaannya kemudian menjadi subjek yang bereksistensi. Hal ini terjadi karena eksistensialisme memiliki watak yang sangat kuat untuk menetapkan keaslian baru atau autentitas subjek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Alim Roswantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Eksistensialisme, Fotografi, Autentitas Subjek
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 13:45
Last Modified: 04 Oct 2022 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53846

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum