TELAAH KRITIS KEMUNCULAN MAHDIISME DALAM TEOLOGI SYI’AH ITSNA ASYARIYAH (Studi atas Pemikiran Muslim Indonesia)

Rofiqi, NIM.: 18105010028 (2022) TELAAH KRITIS KEMUNCULAN MAHDIISME DALAM TEOLOGI SYI’AH ITSNA ASYARIYAH (Studi atas Pemikiran Muslim Indonesia). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH KRITIS KEMUNCULAN MAHDIISME DALAM TEOLOGI SYI’AH ITSNA ASYARIYAH (Studi atas Pemikiran Muslim Indonesia))
18105010028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TELAAH KRITIS KEMUNCULAN MAHDIISME DALAM TEOLOGI SYI’AH ITSNA ASYARIYAH (Studi atas Pemikiran Muslim Indonesia))
18105010028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Para pengkaji Mahdiisme Syi’ah menyebut bahwa munculnya doktrin Mahdiisme dalam Syi’ah Itsna Asyariyah dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, yang salah satunya adalah faktor politik. Para intelektual atau pengkaji di Indonesia umumnya menyebut faktor politik tersebut sebagai faktor utama, selain faktor pengaruh ajaran-ajaran agama di luar Islam. Mereka melakukan penelusuran yang jauh ke belakang melalui dinamika politik dalam lintasan sejarah umat Islam, terutama konflik politik yang terjadi selepas peristiwa tahkim (arbitrase), antara para pendukung Ali (Syi’ah) dengan kelompok mayoritas umat Islam yang kemudian disebut dengan Sunni. Pada perseteruan politik ini Syi’ah selalu mengalami kekalahan yang mengakibatkan mereka sering mendapat penindasan dari kelompok penguasa. Menurut para pengkaji, dari sinilah kemudian paham tentang Al-Mahdi itu muncul sebagai bentuk optimisme mereka dalam memperjuangkan visi politiknya. Berdasarkan hal itulah penelitian ini dilakukan, dengan fokus pada pandangan-pandangan tokoh atau pengkaji di Indonesia. Melalui metode interpretasi dan kesinambungan historis, pandangan mereka ditelaah secara kritis, dengan harapan menemukan titik terang tentang faktor yang melatarbelakangi paham tersebut. Pada akhirnya, penelitian ini telah mengantarkan penulis pada penelusuran historis yang komplet dan relevan dengan konteks zamannya, sehingga ditemukan bukti-bukti adanya faktor dominan serta faktor-faktor lain yang mendukung terhadap munculnya Mahdiisme Syi’ah Itsna Asyariyah dalam pandangan akademisi Syi’ah di Indonesia. Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor politis memang menjadi faktor paling dominan yang melatarbelakangi munculnya Mahdiisme Syi’ah Itsna Asyariyah. Namun, faktor politis yang dimaksud, dalam konteks yang lebih khusus mengacu pada ketidakamanan politik yang dialami umat Syi’ah di sekitar tahun 260 H/874 M yang menyebabkan terjadinya kegaiban (ghaibah) pada Imam Kedua Belas, serta tahun-tahun setelahnya hingga berakhirnya masa kekhalifahan Al-Mu’tadid (279 H/892 M). Fakta historis tersebut dikuatkan dengan hadis-hadis Syi’ah sendiri yang termuat dalam sumber-sumber klasik seperti Ushul Al-Kafi karya Al-Kulaini dan Al-Ghaibah karya Al-Nu’mani. Dari hasil penelitian ini penulis juga menemukan adanya faktor lain yang mendukung terhadap munculnya dokrin Mahdiisme. Faktor tersebut adalah faktor psikologis yang mengiringi kondisi umat Syi’ah sepanjang sejarah perjuangan politiknya. Namun, faktor ini bukan merupakan faktor dominan, ia hanya sebatas faktor pendukung yang mempercepat munculnya paham tersebut, beriringan faktor lainnya seperti terjadinya krisis keimaman dan pengaruh ajaran-ajaran agama di luar Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zuhri, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: KRITIS, MAHDIISME, TEOLOGI, SYI’AH ITSNA ASYARIYAH, Pemikiran Muslim Indonesia
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 13:50
Last Modified: 04 Oct 2022 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53847

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum