KONSEP ECO-THEOLOGY WARGA WADAS, BENER, PURWOREJO, JAWA TENGAH: STUDI KASUS MUJAHADAH SEBAGAI MEDIA PENOLAKAN RENCANA TAMBANG

Nurul Khorina Seci Vella, NIM.: 18105020002 (2022) KONSEP ECO-THEOLOGY WARGA WADAS, BENER, PURWOREJO, JAWA TENGAH: STUDI KASUS MUJAHADAH SEBAGAI MEDIA PENOLAKAN RENCANA TAMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP ECO-THEOLOGY WARGA WADAS, BENER, PURWOREJO, JAWA TENGAH: STUDI KASUS MUJAHADAH SEBAGAI MEDIA PENOLAKAN RENCANA TAMBANG)
18105020002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP ECO-THEOLOGY WARGA WADAS, BENER, PURWOREJO, JAWA TENGAH: STUDI KASUS MUJAHADAH SEBAGAI MEDIA PENOLAKAN RENCANA TAMBANG)
18105020002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

urworejo, Jawa Tengah: Studi Kasus Mujahadah Sebagai Media Penolakan Rencana Tambang. Rencana penambangan batuan andesit yang akan dilaksanakan di Desa Wadas sebagai material pembangunan bendungan di Desa Bener mendapatkan penolakan. Penolakan yang dilakukan warga Wadas salah satunya dilakukan melalui media Mujahadah. Pertanyaan yang muncul yaitu bagaimana mujahadah mampu menjadi media penolakan rencana penambangan sebagai upaya penjagaan alam agar tetap lestari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupa observasi lapangan dan wawancara dan menggunakan pendekatan Eco-Theology. Data yang didapatkan dalam penelitian ini akan dianalisis dan dinarasikan. Analisa dalam penelitian ini menggunakan teori Eco-Theology Seyyed Hossein Nasr. Hasil dari penelitian ini, yaitu bagaimana upaya penolakan rencana penambangan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Wadas menggambarkan konsep Eco-Theology. Spiritualitas dan motivasi beragama masyarakat Desa Wadas yang ditunjukkan melalui Mujahadah sebagai media penolakan rencana penambangan. Spirit ini menunjukkan bahwa warga Desa Wadas memiliki kesadaran terhadap lingkungan yang memotivasi masyarakat untuk melakukan penolakan rencana penambangan. Nilai ini menggambarkan hubungan spiritual Manusia, Tuhan dan Alam yang saling menyatu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ustadi Hamsah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Eco-Theology, Mujahadah, Desa Wadas
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 15:15
Last Modified: 04 Oct 2022 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum