PERAN PEREMPUAN DALAM KEPEMIMPINAN GEREJA (Studi Tentang Keterlibatan Perempuan Dalam Majelis Gereja Kristen Jawa Immanuel Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan)

Nur Alfiana Makhfudz, NIM.: 18105020020 (2022) PERAN PEREMPUAN DALAM KEPEMIMPINAN GEREJA (Studi Tentang Keterlibatan Perempuan Dalam Majelis Gereja Kristen Jawa Immanuel Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEREMPUAN DALAM KEPEMIMPINAN GEREJA (Studi Tentang Keterlibatan Perempuan Dalam Majelis Gereja Kristen Jawa Immanuel Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan))
18105020020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEREMPUAN DALAM KEPEMIMPINAN GEREJA (Studi Tentang Keterlibatan Perempuan Dalam Majelis Gereja Kristen Jawa Immanuel Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan))
18105020020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembahasan mengenai perempuan merupakan pembahasan yang tiada habisnya. Apalagi di dalam konstruk budaya Jawa, perempuan sering dijadikan makhluk nomor dua setelah laki-laki. Hal ini sering kali membuat perempuan tidak memiliki haknya untuk ikut berperan dalam kepemimpinan, sekalipun dalam hal kepemimpinan gereja-gereja Kristen yang merupakan gereja reformatif. Masih banyak gereja-gereja Kristen yang masih terpaku pada nilai-nilai patriarki dalam Alkitab. Dari sekian banyak gereja Kristen di Indonesia, Gereja Kristen Jawa (GKJ) merupakan gereja yang akrab dengan kebudayaan Jawa. Kedekatan ini akankah memperburuk posisi perempuan dalam kepemimpinan GKJ atau justru sebaliknya. Penelitian ini memiliki fokus pada dua hal, yaitu: bagaimana peran perempuan di dalam kepemimpinan majelis Gereja Kristen Jawa dan apa saja kualifikasi yang ada pada perempuan sehingga ia layak diangkat sebagai pemimpin dalam kemajelisan. Dengan meneliti dua hal tersebut, penelitian ini diharapkan akan bisa membuka pandangan mengenai pentingnya peran kepemimpinan perempuan dalam gereja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan mengandalkan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan narasumber. Meskipun posisi peneliti sebagai outsider, namun penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan data yang dapat dipertanggungjawabkan, yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Teori Kepemimpinan Pelayanan yang digagas oleh Robert K. Greenleaf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perempuan dalam GKJ Immanuel Karanganyar merupakan peran yang sentral. Dalam kepemimpinan pelayanan yang di lakukan oleh kemajelisan, perempuan sering kali berperan lebih aktif dari pada laki-laki, hal tersebut dikonfirmasi dari banyak narasumber bahwa dalam keseharian kemajelisan, peran perempuan justru lebih banyak dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan jemaat seperti dalam persiapan-persiapan acara gereja dan lainnya. Perempuan juga mendapat posisi sebagai pengisi mimbar ketika pendeta utama berhalangan. Namun, jumlah perempuan dalam kemajelisan GKJ Immanuel Karanganyar belum sebanyak laki-laki karena perempuan sering kali kerepotan dalam membagi waktu mereka dengan urusan rumah tangga. Hal inilah yang mengharuskan GKJ memilih perempuan-perempuan dengan kualifikasi yang dibutuhkan dalam pelayanan kemajelisan seperti dapat menjadi penyambung lidah antara jemaat dengan majelis, cakap, luwes, memiliki rasa empati yang tinggi, mampu membimbing serta mau melayani karena hal ini adalah hal paling dasar bagi gereja dalam memilih pemimpin-pemimpin dalam kemajelisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khairullah Zikri, S.Ag. M.A. S.T. Rel.
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepemimpinan, Perempuan, Majelis Gereja.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 15:20
Last Modified: 04 Oct 2022 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53862

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum