MOTIVASI PEMAKAIAN JILBAB SYAR’I PADA KEHIDUPAN SOSIAL SANTRIWATI PONDOK PESANTREN INTERNATIONAL LEADER SCHOOL (ILS) TASIKMALAYA

Eneng Hilda Herlina, NIM.: 18105020025 (2022) MOTIVASI PEMAKAIAN JILBAB SYAR’I PADA KEHIDUPAN SOSIAL SANTRIWATI PONDOK PESANTREN INTERNATIONAL LEADER SCHOOL (ILS) TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI PEMAKAIAN JILBAB SYAR’I PADA KEHIDUPAN SOSIAL SANTRIWATI PONDOK PESANTREN INTERNATIONAL LEADER SCHOOL (ILS) TASIKMALAYA)
18105020025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI PEMAKAIAN JILBAB SYAR’I PADA KEHIDUPAN SOSIAL SANTRIWATI PONDOK PESANTREN INTERNATIONAL LEADER SCHOOL (ILS) TASIKMALAYA)
18105020025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena jilbab pada masa sekarang sudah mengalami berbagai perkembangan paradigma. Di era sekarang, jilbab banyak digunakan sebagai sebuah praktik keagamaan bagi muslimah yang ingin menjalani hidup secara islami. Ajaran Islam dapat diperoleh oleh umat Islam salah satunya melalui lembaga pendidikan keagamaan yakni pondok pesantren.Salah satu pondok pesantren yang berada di Tasikmalaya telah menerapkan kebijakan pemakaian jilbab syar’i terhadap para santriwatinya. Pondok pesantren tersebut ialah Pondok Pesantren International Leader School (ILS). Mengenai pemakaian jilbab syar’i pada santriwati memungkinkan adanya berbagai tanggapan dari masyarakat baik itu tanggapan positif maupun negatif. Selain itu juga memungkinkan keberagamaan termasuk sikap dan perilaku santriwati berubah. Sehingga, penulis ingin mengetahui keberagamaan santriwati serta langkah apa yang dilakukan santriwati dalam menanggapi problematika sosial yang ada. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang motivasi jilbab syar’i dalam keberagamaan dan kehidupan sosial santriwati ILS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini juga menggunakan dua model data yang akan digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara secara langsung kepada beberapa pihak terkait, sedangkan sekunder berisikan semua literatur dan pemaparan yang diperoleh dari berbagai penelusuran terkait topik yang hendak dibahas maupun berasal dari luar lingkup pembahasan topik. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan sosiologi agama dengan teori Tindakan Sosial dari Max Weber untuk membantu menganalisis data pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jilbab syar’i mampu memotivasi keberagamaan dan kehidupan sosial santriwati. Santriwati ILS sepakat bahwa menggunakan jilbab syar’i merupakan salah satu syariat Islam yang harus dilaksanakan oleh perempuan muslimah. Adapun beberapa motivasi dari pemakaian jilbab syar’i bagi santriwati ILS antara lain menjadikan jiwa mereka damai, tenang, mampu melindungi diri mereka dari gangguan lawan jenis, mampu menuntun mereka untuk senantiasa berbuat kebaikan dan menjauhi keburukan, temasuk ibadah mereka lebih meningkat. Melalui teori Tindakan Sosial Max Weber dapat disimpulkan bahwa tindakan menggunakan jilbab syar’i yang dilakukan santriwati ILS termasuk pada kategori rasionalitas yang berorientasi nilai. Dalam hal ini santriwati termotivasi oleh nilai-niai sosial dan nilai-nilai agama yang ia miliki. Berdasarkan niai-nilai yang ada di masyarakat, jilbab syar’i mencerminkan kebaikan dan kesopanan dimana menjadikan pemakainya memiliki akhlak yang mulia serta menjadikan pemakainya indah dan berharga ketika dilihat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Derry Ahmad Rizal., M.A.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Jilbab syar’i, Tindakan Sosial, Max Weber
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 15:23
Last Modified: 04 Oct 2022 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53864

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum