PENYELESAIAN SENGKETA DENGAN MEKANISME INTERNAL OLEH BANK (ANALISIS PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA BANK MUAMALAT KCP BONE KOTA WATAMPONE SULAWESI SELATAN)

Nurul Mu’minati Idris, NIM.: 19203012020 (2022) PENYELESAIAN SENGKETA DENGAN MEKANISME INTERNAL OLEH BANK (ANALISIS PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA BANK MUAMALAT KCP BONE KOTA WATAMPONE SULAWESI SELATAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN SENGKETA DENGAN MEKANISME INTERNAL OLEH BANK (ANALISIS PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA BANK MUAMALAT KCP BONE KOTA WATAMPONE SULAWESI SELATAN))
19203012020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN SENGKETA DENGAN MEKANISME INTERNAL OLEH BANK (ANALISIS PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA BANK MUAMALAT KCP BONE KOTA WATAMPONE SULAWESI SELATAN))
19203012020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sengketa dapat terjadi karena adanya wanprestasi, perbuatan melawan hukum maupun force majeur, dalam perbankan wanprestasi sering menjadi alasan terjadinya sengketa, maka penyelesaian sengketa dalam jasa keuangan dapat ditempuh melalui lembaga Pengadilan ataupun Alternatif Penyelesaian Sengketa lainnya, pada hakikatnya dalam menyelesaian suatu sengketa, penyelesaian terlebih dahulu diselesaikan melalui internal oleh bank, apabila diselesaikan melalui penyelesaian internal bank maka bank harus menyediakan wadah bagi nasabah untuk dapat mengadukan dan menyelesaikan masalah yang ada tanpa merugikan nasabah sebagai bentuk perlindungan konsumen. Apabila tidak tercapai kesepakatan maka suatu sengketa baru dapat diselesaikan berdasarkan apa yang telah ditentukan dalam perjanjian. Berdasarkan data Badilag PA Watampone diketahui tidak ditemukan satupun laporan mengenai sengketa perbankan syariah berangkat dari hal ini penelitian dilakukan lebih lanjut melalui salah satu Bank Syariah di Watampone yaitu Bank Muamalat KCP Bone untuk mengetahui mekanisme serta strategi penyelesaian sengketa yang dilakukan sehingga tidak satupun sengketa yang terjadi diselesaikan melalui proses litigasi. Apakah mekanisme serta strategi yang dilakukan menggunakan strategi yang sama serta efektif bagi bank dan nasabah dalam menyelesaikan sengketa yang ada, baik itu disebabkan karena wanprestasi, perbuatan melawan hukum atau force majeur . Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode field research yang bersifat deskriptif analitis yaitu menggambarkan mengenai objek penelitian lalu menganalisa hasil penelitian, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi serta data sekunder yang bersumber dari Undang-Undang, peraturan yang berlaku dan terkait dengan penelitian ini. Berdasarkan dari hasil pengamatan dilapangan dan dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya mekanisme dan strategi penyelesaian sengketa khususnya wanprestasi yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Bone sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan yaitu menggunakan strategi restrukturisasi apabila tidak berhasil maka langkah akhir ialah dengan melakukan AYDA untuk dijual ataupun dilelang. Namun jika dilihat dari segi keefektifannya dalam menangani pengaduan maupun sengketa diketahui penanganan yang dilakukan masih belum efektif hal ini disebabkan karena penyelesaiannya tidak dilakukan di Bank Muamalat KCP Bone namun ditangani oleh Bank Muamalat wilayah Makassar yang berada di Ibukota Provinsi, yang menyebabkan tidak terpenuhinya perlindungan konsumen karena nasabah yang terikat perjanjian harus mematuhi isi perjanjian sehingga tidak dapat memilih opsi hukum yang lebih mudah untuk ditempuh. Hal ini terjadi disebakan pada saat dibuatnya perjanjian pihak bank tidak merekomendasikan penyelesaian sengketa melalui jalur litigasi yang lebih efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing; Dr. H. Abdul Mujib, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Sengketa, Manajemen Pembiayaan, Pembiayaan Bermasalah
Subjects: Bank dan Perbankan
Hukum Islam > Ekonomi - Masalah Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Oct 2022 11:22
Last Modified: 05 Oct 2022 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum