PERAN AGAMA DALAM MENGATASI DEPRESI MAHASISWA SEMESTER AKHIR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)

Ulfi Hidayatul Mutiah, NIM.: 18105020059 (2022) PERAN AGAMA DALAM MENGATASI DEPRESI MAHASISWA SEMESTER AKHIR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri Ponorogo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN AGAMA DALAM MENGATASI DEPRESI MAHASISWA SEMESTER AKHIR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri Ponorogo))
18105020059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN AGAMA DALAM MENGATASI DEPRESI MAHASISWA SEMESTER AKHIR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri Ponorogo))
18105020059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Wabah pandemi Covid-19 merubah segala aspek kehidupan manusia. Salah satunya pada lembaga pendidikan dalam proses belajar mengajar mengalami perubahan yang semula dilakukan secara tatap muka berubah menjadi daring. Tentu bukan hal mudah untuk menerapkan pembelajaran secara daring bagi mahasiswa semester akhir karena terdapat sebagian yang mengikuti perkuliahan di dalam pondok maupun di rumah. Hal tersebut dapat menyebabkan setres hingga depresi yang berdampak pada kesehatan mental. Mahasiswa semester akhir dituntut harus mampu beradaptasi dengan segala perubahan baru baik yang ada dalam diri sendiri dan ketika di luar. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor depresi mahasiswa semester akhir dalam masa pandemi Covid-19 dan bagaimana peran agama dalam mengatasi depresi mahasiswa semester akhir pada masa pandemi Covid-19 yang berfokus di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dengan mengajukan sebuah pertanyaan yang terkait masalah penelitian, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan menentukan kriteria tertentu. Setelah data diperoleh dilakukan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang kemudian dianalisis menggunakan teori dari Zakiah Daradjat dan Glock & Stark dengan pendekatan Psikologi Agama. Temuan hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa: Pertama, faktor yang melatarbelakangi depresi mahasiswa semester akhir masa pandemi Covid-19 Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo yakni: (1) Faktor internal antara lain: individu/diri sendiri akibat kurangnya motivasi diri sendiri dan keluarga seperti kuliah sambil mengurus anak, kuliah sambil merawat orang tua karena sakit, dan kurangnya dukungan dari keluarga. (2) Faktor eksternal antara lain: kerja yang berakibat tidak bisa membagi waktu antara kerja dan mengerjakan tugas kuliah, lingkungan belajar yang kurang mendukung, dosen karena terdapat mahasiswa terkendala dalam bimbingan skripsi akibat pandemi Covid-19, koneksi internet yang mengakibatkan jaringan tidak stabil, serta fasilitas pembelajaran seperti tidak semua mahasiswa semester akhir mempunyai android yang mendukung, kendaraan, dan laptop. Kedua, hasil dari peran agama dalam mengatasi depresi mahasiswa semester akhir masa pandemi Covid-19 Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo yakni dari 11 informan terdapat 7 informan yang menyatakan bahwa agama sebagai solusi utama dalam meminimalisir depresi mahasiswa semester akhir pada masalah perkuliahan dan 4 informan menyatakan bahwa agama bukan sebagai solusi utama dalam mengatasi depresi pada masalah perkuliahan meskipun demikian bukan berarti agama tidak berperan atau berpengaruh dalam kehidupan mahasiswa semester akhir tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Agama, Depresi Mahasiswa Semester Akhir, Pandemi Covid-19.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 05 Oct 2022 12:07
Last Modified: 05 Oct 2022 12:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum