ETOS KEAGAMAAN PEDAGANG TELUR ASIN DALAM PERILAKU EKONOMI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KETANGGUNGAN, BREBES

Muhammad Hudoyo, NIM.: 18105040015 (2022) ETOS KEAGAMAAN PEDAGANG TELUR ASIN DALAM PERILAKU EKONOMI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KETANGGUNGAN, BREBES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETOS KEAGAMAAN PEDAGANG TELUR ASIN DALAM PERILAKU EKONOMI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KETANGGUNGAN, BREBES)
18105040015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ETOS KEAGAMAAN PEDAGANG TELUR ASIN DALAM PERILAKU EKONOMI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KETANGGUNGAN, BREBES)
18105040015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Etos keagamaan yang ada pada diri setiap orang dapat mempengaruhi perilaku ekonomi. Tidak terkecuali etos keagamaan para pedagang telur asin di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Ketanggungan, Brebes yang sedang berhadapan dengan berlangsungnya situasi pandemi Covid-19. Semasa pandemi, perdagangan telur asin merugi karena defisit penjualan yang masif ketika pembatasan sosial berlaku. Dalam menyikapi kerugian ekonomi tersebut, para pedagang memaksimalkan dorongan semangat keagamaan dalam diri mereka demi kepentingan mempertahankan kegiatan ekonomi yang ada dengan perbantuan etos kerja. Karena sudah sewajarnya sebagai manusia sosial, perilaku keagamaan dan ekonomi para pedagang telur asin berjalan dengan lancar dalam situasi apapun, tak terkecuali saat pandemi Covid-19. Fokus penelitian ini adalah etos keagamaan pedagang telur asin dalam perilaku ekonomi pada masa pandemi Covid-19 yang ada di Ketanggungan, Brebes. Teori yang diaplikasikan adalah teori etos keagamaan Max Weber yang berupaya untuk menentukan etos kerja seseorang berdasarkan semangat keagamaannya. Operasionalisasi teori diterapkan dengan tiga cara identifikasi yang secara sosial menelaah etos dari dalam (inner ethos), etos sebagai nilai etis (ethos as ethical values), dan etos yang tampak (outter ethos). Jenis metode penelitian yang dipakai merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang dipakai merupakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa segala urusan perdagangan telur asin berkaitan dengan keberagamaan. Keberagamaan dapat menciptakan produktivitas kerja yang secara eskalatif mendorong perkembangan perilaku ekonomi para pedagang telur asin. Pertama, perilaku keagamaan dan ekonomi dalam diri pedagang telur asin berpengaruh terhadap hubungan sebab akibat peribadatan dan perdagangan mereka yang terintegrasi secara utuh dengan etos keagamaan. Kedua, etos keagamaan yang berasal dari semangat keagamaan dalam diri pedagang telur asin bekerja secara produktif sebagai etika kerja asketis yang menampak pada semangat kerja, kedisiplinan, dan produktivitas pedagang telur asin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Abd. Aziz Faiz, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: etos keagamaan, pedagang telur asin, Covid-19, dan perilaku ekonomi.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 05 Oct 2022 15:15
Last Modified: 05 Oct 2022 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum