PEMAHAMAN HADIS RIWAYAT AL-TIRMIDZI TENTANG DOA MEMINTA PERLINDUNGAN DARI KECEMASAN HIDUP DAN TERLILIT HUTANG

Septy Nur Muti'ah, NIM.: 18105050060 (2022) PEMAHAMAN HADIS RIWAYAT AL-TIRMIDZI TENTANG DOA MEMINTA PERLINDUNGAN DARI KECEMASAN HIDUP DAN TERLILIT HUTANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAHAMAN HADIS RIWAYAT AL-TIRMIDZI TENTANG DOA MEMINTA PERLINDUNGAN DARI KECEMASAN HIDUP DAN TERLILIT HUTANG)
18105050060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMAHAMAN HADIS RIWAYAT AL-TIRMIDZI TENTANG DOA MEMINTA PERLINDUNGAN DARI KECEMASAN HIDUP DAN TERLILIT HUTANG)
18105050060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan suatu jawaban pada rumusan masalah yang diteliti. Mendapatkan penjelasan terkait hadis riwayat al-Tirmidzi dan bertujuan untuk melihat bagaimana implikasi pemahaman hadis riwayat al-Tirmidzi tentang doa meminta perlindungan dari kecemasan hidup dan terlilit hutang dalam pendekatan psikologi. Penelitian ini menggunakan model kualitatif untuk mendapatkan pemahaman informasi data secara lengkap dan terperinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dengan model metode deskriptif. Pengumpulan sumber data menggunakan sumber data primer, data utama dari kitab hadis Sunan al-Tirmidzi. Kemudian sumber data sekunder, dari berbagai literatur yang berkaitan sebagai pelengkap data. Hasil penelitian ini memberikan suatu jawaban serta memberi pemahaman lebih terkait pentingnya doa meminta perlindungan kepada Allah SWT yang kemudian dianalisa melalui pendekatan psikologi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah hadis doa meminta perlindungan dari kecemasan hidup dan terlilit hutang dapat diamalkan di setiap harinya. Berhutang tidak dilarang dalam Islam melainkan dibatasi karena dengan berhutang yang jumlahnya tidak sedikit akan mengundang rasa kecemasan dalam hidupnya. Hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi psikis seseorang yang menyebabkan dampak buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mahatva Yoga Adi Pradana, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Al-Tirmidzi, Doa, Psikologi
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:34
Last Modified: 06 Oct 2022 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum