KONSTRUKSI SOSIAL PETER L. BERGER DALAM PEMBACAAN AURAD AYAT 33 (STUDI LIVING SUNNAH DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN BANDUNG)

Lathifah Shofiani, NIM.: 18105050107 (2022) KONSTRUKSI SOSIAL PETER L. BERGER DALAM PEMBACAAN AURAD AYAT 33 (STUDI LIVING SUNNAH DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN BANDUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI SOSIAL PETER L. BERGER DALAM PEMBACAAN AURAD AYAT 33 (STUDI LIVING SUNNAH DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN BANDUNG))
18105050107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI SOSIAL PETER L. BERGER DALAM PEMBACAAN AURAD AYAT 33 (STUDI LIVING SUNNAH DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN BANDUNG))
18105050107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tradisi pembacaan aura>d ayat 33 yang terdapat di Pondok Pesantren Nurul Iman tidak hanya berupa tradisi positif yang telah mengakar saja, akan tetapi lebih dari itu, ia merupakan sebuah sunnah yang telah hidup di tengah-tengah masyarakat. Dinamai aura>d ayat 33 karena wirid tersebut merupakan kumpulan ayat yang diambil dari berbagai surah yang berbeda di dalam Al-Qur‘an, sehingga dikumpulkan menjadi 33 ayat. Ayat-ayat yang dipilih merupakan ayat yang dinilai memiliki manfaat dan khasiatnya tersendiri, atau biasa disebut dengan a>yat al Manzil . Tujuan dilaksanakannya pembacaan aura>d ayat 33 di Pondok Pesantren Nurul Iman, agar menjadi penjagaan diri dari hal-hal dinilai negatif seperti penyakit, kemalangan, dan lain sebagainya. Penelitian ini difokuskan untuk menjawab tiga rumusan masalah: Pertama, bagaimana praktik pembacaan aura>d ayat 33 di Pondok Pesantren Nurul Iman Bandung. Kedua, bagaimana pemahaman living sunnah dalam pembacaan aura>d ayat 33 di Pondok Pesantren Nurul Iman Bandung. Ketiga, bagaimana analisis konstruksi sosial Peter L. Berger dalam pembacaan aura>d ayat 33 di kalangan pengurus, asa>tiz}, dan santri Pondok Pesantren Nurul Iman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data diperoleh melalui data primer berupa wawancara dengan narasumber, observasi, dan dokumentasi. Adapun data yang bersifat sekunder berupa buku, jurnal, dan beberapa artikel yang senada dengan penelitian ini. Fenomena tersebut akan dianalisis menggunakan teori living sunnah dan konstruksi sosial yang digagas oleh Peter L. Berger. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan beberapa poin. Pertama, praktik pembacaan aura>d ayat 33 di Pondok Pesantren Nurul Iman sudah berjalan cukup lama. Pembacaan aura>d ayat 33 dilakukan oleh seluruh santri, pengurus, serta dewan asa>tiz} di Pondok Pesantren Nurul Iman. Dilaksanakan setiap satu minggu satu kali di hari jumat setelah kegiatan jemaah subuh yang bertempat di aula Pondok Pesantren. Kedua, praktik pembacaan aura>d ayat 33 merupakan bentuk persepsi terhadap hadis-hadis nabi yang menjelaskan anjuran untuk berzikir kepada Allah serta berzikir menggunakan ayat-ayat Al-Qur‘an yang memiliki manfaat sebagai obat atas segala penyakit. Ketiga, tradisi pembacaan aura>d ayat 33 di Pondok Pesantren Nurul Iman termanifestasikan ke dalam teori konstruksi sosial Peter L. Berger yang dibentuk melalui tiga momen dialektik, yakni tahap eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Dahlan, Lc, M.A.
Uncontrolled Keywords: Living Sunnah, Aurad Ayat 33, Konstruksi Sosial
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 06 Oct 2022 09:08
Last Modified: 06 Oct 2022 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53951

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum