DISKURSUS DOMINAN SEKSUALITASITAS LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM POLIGAMI DI SOSIAL MEDIA (Studi: Forum Poligami Indonesia)

Yuni Asih, NIM.: 19205032070 (2022) DISKURSUS DOMINAN SEKSUALITASITAS LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM POLIGAMI DI SOSIAL MEDIA (Studi: Forum Poligami Indonesia). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISKURSUS DOMINAN SEKSUALITASITAS LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM POLIGAMI DI SOSIAL MEDIA (Studi: Forum Poligami Indonesia))
19205032070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DISKURSUS DOMINAN SEKSUALITASITAS LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM POLIGAMI DI SOSIAL MEDIA (Studi: Forum Poligami Indonesia))
19205032070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Poligami di Indonesia masih diperdebatkan, bahkan UU juga mengatur adanya poligami secara ketat. Meskipun demikian, terdapat upaya yang masif dilakukan oleh kelompok Forum Poligami Indonesia dalam mengkampanyekan poligami di masyarakat. Poligami disosialisasikan dengan cara penyebaran pamflet-pamflet yang berisi ajakan mengikuti forum untuk melakukan poligami secara bersama. Kelompok ini menyebarkan pamflet dengan tema yang tujuannya untuk mendorong laki-laki mendapatkan banyak istri. Tesis ini akan membahas dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana kontruksi seksualitasitas laki-laki dan perempuan dalam Forum Poligami Indonesia. Kedua, bagaimana wacana dominan normalisasi poligami dalam Forum Poligami Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis konten. Data primer diperoleh melalui media sosial (FB, Yutube, IG, dan Web) Forum Poligami Indonesia. Selanjutnya data skunder didapat dari penelitian-penelitian ilmiah baik buku maupun jurnal yang berkaitan dengan poligami. Untuk menganalisis data digunakan metode analisis data deskriptif kualifikatif. Teori pada tesis ini menggunakan teori Seksualitasitas dari Michel Foucault. Penelitian menunjukkan bahwa kontruksi seksualitas laki-laki dan perempuan dalam Forum Poligami Indonesia berlandaskan pada wacana seksualitasitas dari Q.S al-Nisa[4]: 34, dan Q.S al-Isra[17]: 32 yang menjadikan konstruksi seksualitasitas untuk melangsungkan poligami. Kontruksi seksualitas laki-laki meliputi: laki-laki memiliki libido tinggi, berpoligami karena istri monopause, dan berpoligami memilih perempuan yang usianya muda. Kontruksi seksualitas perempuan ialah pelayanan seksualitas merupakan ketaatan kepada suami. Wacana dominan normalisasi poligami dalam Forum Poligami Indonesia yaitu pengetahuan yang didapat berdasarkan Q.S al-Nisa[4]: 3 dan Q.S al-Nisa[4]: 129. Ayat ini diterima sebagai kebolehan poligami secara mutlak sehingga ayat ini dianggap sebagai syariat poligami yang harus lestari di masyarakat. Norma-norma yang terdapat dalam Forum Poligami Indonesia yaitu pertama bahwa poligami merupakan sunah bahkan kewajiban, kedua Poligami memperbanyak keturunan serta menghindari zina, ketiga bahwa konsep keadilan dapat diketahui setelah berpoligami, keempat cemburu merupakan hal yang wajar dan kelima poligami meringankan tugas dan kewajiban istri dalam mengurus rumah tangga dan suami. Relasi kuasa dalam Forum Poligami Indonesia yaitu dominasi wacana keagamaan dikuasi oleh kelompok laki-laki di dalam forum. Dalam mekanisme normalisasi terjadi pemahaman ayat yang dilakukan secara terus menerus serta melalui pelatihan kelas poligami sehingga poligami tetap langgeng dalam dimasyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy, S.Th.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Poligami, Seksualitasitas, Media Sosial, Forum Poligami Indonesia.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 06 Oct 2022 15:52
Last Modified: 06 Oct 2022 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum