NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM KALIGRAFI ALIF KARYA R.M.P SOSROKARTONO (Analisis Hermeneutika Hans Georg Gadamer)

Ahmad Manbaul Ulum, NIM.: 20205011006 (2022) NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM KALIGRAFI ALIF KARYA R.M.P SOSROKARTONO (Analisis Hermeneutika Hans Georg Gadamer). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM KALIGRAFI ALIF KARYA R.M.P SOSROKARTONO (Analisis Hermeneutika Hans Georg Gadamer))
20205011006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM KALIGRAFI ALIF KARYA R.M.P SOSROKARTONO (Analisis Hermeneutika Hans Georg Gadamer))
20205011006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Estetika sebagai cabang dari filsafat sejauh ini tidak banyak dikaji oleh para peneliti khususnya bidang estetika Islam.Seni kaligrafi dalam perkembangannya sangat berkembang pesat dari segi praktis,akan tetapi sangat minim kajian teoritik yang mengkaji seni tersebut secara mendalam. Kajian terhadap seni kaligrafi sejauh ini yang kerap dilakukan adalah terkait sejarah kaligrafi dan penggunaan kaligrafi sebagai media dalam aktifitas manusia.Melihat hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti seni kaligrafi Islam secara mendalam dan menggali makna yang tersimpan dalam suatu karya kaligrafi Islam.Kaligrafi Alif karya R.M.P Sosrokartono bagi sebagian kalangan amat di sakralkan, terutama oleh Sosrokartono sendiri. Melihat pemaknaan yang begitu mendalam terhadap kaligrafinya, penulis mencoba menggali lebih jauh terkait bagaimana konsep dari kaligrafi alif tersebut, apa implikasi makna spiritual dari kaligrafi tersebut? Setelah penelusuran penulis terhadap karya tersebut ditemukan jawaban tentang bagaimana konsep dari karya kaligrafi alif tersebut. Sedikit gambaran tentang kaligrafi tersebut yaitu bahwa ada tiga bentuk kaligrafi alif Sosrokartono: pertama alif warna hitam dengan latar visual warna putih, kedua, kaligrafi alif warna putih dengan latar visual biru muda dan yang ketiga huruf alif warna putih dengan latar visual warna merah. Dengan pendekatan hermeneutika Gadamer, ditemukan jawaban terkait apa yang melatar belakangi penciptaan karya tersebut? yaitu ketika perjumpaan Sosrokartono sewaktu berguru kepada KH. Hasyim Asy’ari pada waktu itu. Masing-masing warna dari kaligrafi tersebut memiliki arti tersendiri, secara ringkas makna dari kaligrafi alif tersebut yaitu menunjukkan bentuk ketauhidan, Allah adalah Al Ahad (Tuhan satu-satunya). Selain itu karya kaligrafi tersebut tidak hanya dijadikan sebuah simbol sang Khalik melainkan digunakan juga untuk media pengobatan, meditasi, dan alat komunikasi dengan Tuhan-Nya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A..
Uncontrolled Keywords: Seni Kaligrafi, Hermeneutika, Sosrokartono
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:16
Last Modified: 07 Oct 2022 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum