NILAI-NILAI PROFETIK DALAM SYAIR PERAHU KARYA HAMZAH FANSURI

Fajar Budiantoro, NIM.: 20205011007 (2022) NILAI-NILAI PROFETIK DALAM SYAIR PERAHU KARYA HAMZAH FANSURI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PROFETIK DALAM SYAIR PERAHU KARYA HAMZAH FANSURI Disusun Oleh: Fajar Budiantoro 20205011007 TESIS)
20205011007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PROFETIK DALAM SYAIR PERAHU KARYA HAMZAH FANSURI Disusun Oleh: Fajar Budiantoro 20205011007 TESIS)
20205011007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tesis yang berjudul NILAI-NILAI PROFETIK DALAM SYAIR PERAHU KARYA HAMZAH FANSURI ini menganalisis salah satu karya sastra sufi yaitu syair perahu. Syair perahu merupakan salah satu karya Hamzah Fansuri yang cukup dikenal oleh berbagai kalangan serta banyak dikaji. Syair perahu berisi ajaran-ajaran Hamzah Fansuri yang kental dengan nuansa tasawuf dan sarat akan nilai-nilai, termasuk nilai-nilai yang bercorak etika profetik. Tujuan penelitian ini adalah meninjau konteks sejarah dalam syair perahu serta menggali dan mendeskripsikan unsur-unsur etika profetik yang terkandung di dalam syair perahu. Jenis penelitian ini adalah library research, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah etika profetik yang terdapat dalam salah satu variabel dalam kerangka konseptual sastra profetik Kuntowijoyo. Sumber data yang digunakan adalah teks dari syair perahu serta data-data pendukung yang berkaitan dengan pembahasan pada penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan teori analisis sastra model Abrams. Hasil penelitian ini adalah: didalam syair perahu tidak terdapat kandungan makna yang menunjukkan mengenai latar belakang kapan dan dimana syair ini ditulis. Nilai-nilai etika profetik yang terkandung dalam syair perahu antara lain: Nilai humanisasi ditemukan dalam tujuh bait dalam syair perahu yaitu bait ke 1,3,4,5,6,7,8. Nilai liberasi dalam syair perahu ditemukan didalam beberapa bait, diantaranya: bait ke 27,29,12,13,15. Sedangkan terdapat delapan bait yang mengandung nilai transendensi dalam syair perahu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Robby Habiba Abror, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Etika Profetik, Syair Perahu, Hamzah Fansuri
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:20
Last Modified: 07 Oct 2022 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum