KIAI DAN KALEBUN Studi Relasi Patron-Klien dalam Tradisi Rokat Tase’ di Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep

Ratih Himamatul Azizah Tannisyafolia S.Sos, NIM.: 20205021008 (2022) KIAI DAN KALEBUN Studi Relasi Patron-Klien dalam Tradisi Rokat Tase’ di Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KIAI DAN KALEBUN Studi Relasi Patron-Klien dalam Tradisi Rokat Tase’ di Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep)
20205021008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KIAI DAN KALEBUN Studi Relasi Patron-Klien dalam Tradisi Rokat Tase’ di Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep)
20205021008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tradisi rokat tase’ merupakan tradisi yang masih dijalankan oleh masyarakat pesisir Ambunten. tradisi rokat tase’ setelah Islamisasi tidak bisa lepas dari peran kiai yang pada akhirnya merubah prosesi rokat tase’. Rokat tase’ juga digunakan kiai dan kepala desa dalam menjalin relasi karena tradisi tersebut merupakan kegiatan besar masyarakat dan dapat digunakan untuk mencari panggung politik kepala desa. Kepala desa melanggengkan tradisi rokat tase’ untuk menampakkan kedekatan dengan kiai agar dihormati oleh masyarakat. hubungan kiai dan kepala desamenjadi hal yang menarik. Di belakang tradisi rokat tase’ kepala desa menjalin hubungan untuk meminta dukungan kiai untuk dipilih saat pemilu. Penelitian ini menggunakan Patron Klien James C. Scott. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan studi lapangan, dan keperpustakaan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data manusia. Peneliti menggunakan sistem triangulasi metode dan sumber data. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah kiai memiliki peran yang besar dan menjadi dominasi di masyarakat pesisir Ambunten. Oleh karena itu dengan adanya Peran Kiai kepala desa menjalin hubungan patron klien dengan Kiai di balik rokat tase’. Kiai sebagai patron memberikan dukungan kepala desa agar sukses saat pemilihan dan mencari massa. Sedangkan kepala desa sebagai klien memberikan timbal balik berupa sembako, uang dan sepeda, sepeda motor. Oleh karena itu kepala desa tunduk karena memiliki kepentingan dengan kiai. Karena apabila kepala desa tidak menurut dengan kiai akan dikucilkan oleh masyarakat. Begitupun sebaliknya jika kepala desa mengikuti arahan kiai akan memberikan jaminan keselamatan berupa dukungan dan perlindungan apabila bermasalah dengan masyarakat. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya hubungan patron klien faktor pertama kiai memiliki kedudukan yang tinggi, faktor kedua kiai memiliki jaringan yang mampu digunakan untuk pemungutan suara, faktor yang ketiga kepala desa membutuhkan jaminan keselamatan dari kiai saat menjabat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing Dr. Moh. Soehadha, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kalebun, Kiai, Patron, Klien, Rokat Tase,
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:47
Last Modified: 07 Oct 2022 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53980

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum