PERAN IPNU DAN IPPNU DALAM MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA DI DESA BANYUDONO, DUKUN, MAGELANG, 2013-2020 M

Ahmad Faiz Febry Putra Prayogi, NIM.: 15120017 (2022) PERAN IPNU DAN IPPNU DALAM MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA DI DESA BANYUDONO, DUKUN, MAGELANG, 2013-2020 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN IPNU DAN IPPNU DALAM MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA DI DESA BANYUDONO, DUKUN, MAGELANG, 2013-2020 M)
15120017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN IPNU DAN IPPNU DALAM MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA DI DESA BANYUDONO, DUKUN, MAGELANG, 2013-2020 M)
15120017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

IPNU-IPPNU Banyudono merupakan organisasi kepemudaan tingkat desa. Kehadiran organisasi tersebut sebagai wadah para pelajar dan pemuda setempat untuk pengembangan diri. Pengembangan diri dan membina generasi muda agar memiliki semangat dan supaya mereka tidak kehilangan jati diri sebagai warga Nahdhiyin. Sebagai organisasi kepemudaan diharapkan juga mampu membentuk generasi muda yang berkarakter. Dapat dipastikan tujuan tersebut adalah hal umum di setiap organisasi kepemudaan. IPNU-IPPNU Banyudono membuktikan di dalam prosesnya, yaitu mampu membentuk karakter generasi muda dalam hal ini adalah pelajar dan pemuda di Desa Banyudono. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah. Secara metodologis penelitian ini menggunakan metode sejarah yaitu heuristik, verifikasi, interprestasi, dan historiografi. Sebagai ilmu bantu analisis penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologiserta teori peran. Penelitian ini dibagi beberapa rumusan permasalahan yaitu Bagaimana latar belakang berdirinya IPNU-IPPNU di Desa Banyudono Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, apa saja kegiatan IPNU-IPPNU dalam membangun karakter generasi muda, dan apa kontribusi IPNU-IPPNU terhadap pembangunan karakter generasi muda di Desa Banyudono Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukan IPNU dan IPPNU adalah organisasi kepemudaan, organisasi sosial, agama dan kemasyarakatan, yang berdiri sejak tahun 1954 diorientasikan untuk mewadahi kader-kader NU (Nahdhatul Ulama) di kalangan pelajar, santri dan pemuda. IPNU-IPPNU Banyudono dalam upayanya pembentukan karakter generasi muda diwujudkan dengan membuat program kegiatan. Kegiatan untuk anggota (pelajar dan pemuda desa) dan untuk masyarakat. Program tersebut adalah Jamiiyah (maulid diba’ & sholawatan bareng), doa bersama bersama muslimat NU menjelang ujian nasional, ziarah/wisata religi dan keakraban, tadarusan serta kajian rutin keagamanan (pengajian selapanan) dan pengajian akbar masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan dampak berupa terbentuknya karakter religius (kesadaran menjalankan ajaran agama yang dianutnya), disiplin, karakter berjiwa besar, karakter bertanggung jawab. Karkater tersebut terbentuk seriring dengan tugas-tugas yang diberikan di dalam keanggotaan IPNU-IPPNU pada saat menjalankan amanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Muhsin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Generasi Muda, IPNU-IPPNU
Subjects: Islam dan Organisasi
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 07 Oct 2022 15:20
Last Modified: 07 Oct 2022 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54008

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum