Interpretasi Maulana Muhammad Ali Terhadap Kisah Nabi Isa a.s Dalam Kitab The Holy Qur’an: Containing The Arabic Text With English Translation and Commentary

Roma Wijaya, NIM.: 20205031033 (2022) Interpretasi Maulana Muhammad Ali Terhadap Kisah Nabi Isa a.s Dalam Kitab The Holy Qur’an: Containing The Arabic Text With English Translation and Commentary. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Interpretasi Maulana Muhammad Ali Terhadap Kisah Nabi Isa a.s Dalam Kitab The Holy Qur’an: Containing The Arabic Text With English Translation and Commentary)
20205031033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Interpretasi Maulana Muhammad Ali Terhadap Kisah Nabi Isa a.s Dalam Kitab The Holy Qur’an: Containing The Arabic Text With English Translation and Commentary)
20205031033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy

Abstract

Kisah Nabi Isa terkait dengan kelahiran, penyaliban atau pengangkatan, dan kebangkitan dalam pandangan mufasir klasik mengungkapkan bahwa kelahiran Nabi Isa sebagai bentuk implementasi makna kun fayakun dari Allah. Penyaliban menjadi bukti fakta yang tidak sejalan dengan Al-Qur‘an, padahal realitasnya adanya proses pengangkatan Isa ke langit. Muncul pandangan distingsif atas ketiga peristiwa tersebut yang diungkapkan oleh Maulana Muhammad Ali dalam berbagai karyanya, terutama dalam karya tafsirnya berjudul ―The Holy Qur‟an: Containing The Arabic Text With English Translation and Commentary‖ dipublish tahun 1920. Interpretasi Maulana Muhammad Ali memiliki kecenderungan sama dengan Kristen dalam memandang kelahiran dan penyaliban Isa. Pada konsep kelahiran dipahami sebagai hasil pernikahan Maryam dengan Yusuf. Adapun penyaliban diakui Ali kebenaran fakta tersebut, namun menolak atas kematian Isa di kayu salib, tetapi wafat secara wajar di daerah Kashmir. Penelitian ini dibangun atas rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini, yaitu (1). Bagaimana interpretasi Maulana Muhammad Ali tentang Kisah Nabi Isa a.s. dalam kitab The Holy Qur‟an?. (2). Bagaimana analisis hermeneutika Gadamer atas interpretasi Maulana Muhammad Ali tentang Kisah Nabi Isa a.s?. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan objek materialnya yaitu interpretasi Maulana Muhammad Ali dalam konteks kitab tafsir The Holy Qur‟an. Tesis ini menggunakan teori hermenutika Gadamer yang menelusuri tiga tahapan, yaitu historical effected, pre-understanding, fusion of horizons, application. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan sekaligus menjawab rumusan masalah yang diajukan, yaitu, Pertama, penafsiran Maulana Muhammad Ali tentang kisah Isa yang mencakup kelahiran, penyaliban, dan kebangkitan memiliki persamaan narasi dengan Kristen, walaupun pada beberapa aspek mendapat kritikan dari Ali. Kedua, Historical effected atau keterpengaruhan sejarah mengungkapkan bahwa Maulana Muhammad Ali mengalami fase penjajahan Inggris yang tidak hanya melakukan misi politik dan ekonomi, namun juga bertujuan untuk missionaris Kristen serta gesekan dengan kelompok Hindu. Pre-understanding atau dapat juga disebut sebagai horizon (cakrawala) yang dimiliki Ali sebelum menafsirkan didominasi oleh ideologi Ahmadiyah. Selain itu, literatur-literatur selain Islam yang dibaca membentuk horizon. Fusion of horizons memunculkan asimilasi horizon yang dimiliki ketika Maulana Muhammad Ali memproduksi penafsirannya adalah bahwa Isa tidak diklaim wafat saat penyaliban. Pemahaman ini dikonfirmasi oleh kelompok Ahmadiyah dan Hindu. Namun terdapat pandangan yang berbeda dari kalangan Kristen dan muslim selain Ahmadiyah. application atas penafsiran kisah Isa memiliki pesan moral yaitu adanya persepsi yang sama dari sosok teladan Isa, karena dia lahir dari rahim suci Maryam dan adanya benang merah dengan mufasir liannya terkait penolakan kematian Isa di kayu Salib.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dr. Nina Mariani Noor, SS., M.A
Uncontrolled Keywords: tafsir the Holy Qur'an, kisah nabi Isa, Maulana Muhammad Ali, Ahmadiyah Lahore, sosiologi pengetahuan.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Oct 2022 15:01
Last Modified: 07 Oct 2022 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54012

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum