HYPEBEAST: KONSTRUKSI KELAS SOSIAL (Studi Fenomena Hypebeast Mahasiswa Santri Banyuanyar di Yogyakarta)

Ali Masykur, NIM.: 16540045 (2022) HYPEBEAST: KONSTRUKSI KELAS SOSIAL (Studi Fenomena Hypebeast Mahasiswa Santri Banyuanyar di Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HYPEBEAST: KONSTRUKSI KELAS SOSIAL (Studi Fenomena Hypebeast Mahasiswa Santri Banyuanyar di Yogyakarta))
16540045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HYPEBEAST: KONSTRUKSI KELAS SOSIAL (Studi Fenomena Hypebeast Mahasiswa Santri Banyuanyar di Yogyakarta))
16540045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari perkembangan informasi dan teknologi yang semakin canggih dan telah memasuki hampir semua lapisan masyarakat, termasuk kalangan alumni santri Banyuanyar di Yogyakarta. Keberadaannya memudahkan seseorang melakukan aktivitas, seperti aktivitas konsumsi. Budaya konsumsi santri melahirkan fenomena baru yang dikenal dengan istilah hypebeast. Hypebeast adalah seseorang yang menggilai merek pakaian terkenal. Santri yang diharapkan memberikan contoh religius seperti nilai Qana’ah yang diajarkan dipesantren, ikut terjerumus dalam gaya hidup konsumtif dan hypebeast. Penulis tertarik melakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui intensitas koneksi dengan hypebeast santri. Selain itu konstruksi Qana’ah dan hypebeast santri alumni Banyuanyar di Yogyakarta. Penulis menganalisis fenomena hypebeast ini melalui pendekatan teori dari Manuel castells bahwa perkembangan masyarakat modern saat ini dipengaruhi oleh perkembangan informsi dan teknologi. Ia membaginya kedalam enam bagian; yaitu konsep informasionalisme, masyarakat jejaring (network society), perekonomian global. Transformasi angkatan kerja, global city, cyberculture. Penelitian lapangan ini menggunakan metode deskriptif. Jenisnya adalah kualitatif dengan dua cara pengumpulan data. Pertama, metode observasi, wawancara, dokumentasi sebagai data primer yang didapat dari narasumber terkait. Kedua, data skunder di antaranya adalah dokumen atau refrensi berupa buku, jurnal yang memiliki kaitan dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perilaku hypebeast santri dipengaruhi oleh lingkungan sekitar mereka termasuk iklan-iklan di media sosial maupun di media lainnya. Penggunaan e-commers, keterhubungan dengan internet yang tidak terbatas ruang dan waktu. Selain itu, imajinasi hedonisme dan strata sosial menjadikannya sosok hypebeast. Hal itu menggeser gaya hidup dan pemahamannya terhadap Qana’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Munawar ahmad, S.S., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Hypebeast, alumni santri Banyuanyar, masyarakat informasi, Qana’ah
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Oct 2022 15:25
Last Modified: 07 Oct 2022 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum