Mamkua, NIM.: 22204081027 (2025) PENGARUH MODUL ELEKTRONIK PKN BERBASIS KONTEN LOKAL SUMATERA SELATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PGMI UIN RADEN FATAH PALEMBANG Oleh: Mamkua 22204081027 TESIS Diajukan kepada Program Magister (S2) Pendidikan Guru. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH MODUL ELEKTRONIK PKN BERBASIS KONTEN LOKAL SUMATERA SELATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PGMI UIN RADEN FATAH PALEMBANG Oleh: Mamkua 22204081027 TESIS Diajukan kepada Program Magister (S2) Pendidikan Guru)
22204081027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH MODUL ELEKTRONIK PKN BERBASIS KONTEN LOKAL SUMATERA SELATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PGMI UIN RADEN FATAH PALEMBANG Oleh: Mamkua 22204081027 TESIS Diajukan kepada Program Magister (S2) Pendidikan Guru)
22204081027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengihitung pengaruh modul elektronik berbasis konten lokal Sumatera Selatan terhadap motivasi dan hasil belajar kognitf mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest. Populasi penelitian adalah 214 mahasiswa yang terbagi menjadi 7 kelas sedangkan sampelnya adalah 122 yang terbagi menjadi 4 kelas yang dipilih acak. Modul elektronik berbasis konten lokal Sumatera Selatan yang digunakan dalam penelitian ini dirancang untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang. Modul elektronik ini berisi materi-materi yang relevan dengan kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan disajikan dalam bentuk multimedia yang interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan treatmment kepada mahasiswa terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang. Implikasi dari penelitian ini bahwa modul elektronik PKN berbasis konten lokal dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang. Selain itu, pelelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah, Hasil Belajar Kognitif, Konten Lokal, Modul Elektronik, Motivasi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah, Hasil Belajar Kognitif, Konten Lokal, Modul Elektronik, Motivasi. |
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 07 Oct 2022 16:14 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 15:34 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54023 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
