MEDIATISASI PENAFSIRAN GENDER AL-QUR’AN OLEH FAQIHUDDIN ABDUL KODIR DALAM MUBADALAH.ID Oleh: Ahmad Murtaza MZ NIM: 202050310343 TESIS Diajukan Kepada Program Studi Magister (S2) Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Dan Pemikiran Islam Uin Sunan Kalijaga untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Penyusunan Tesis Yogyakarta 2022

Ahmad Murtaza MZ, NIM.: 202050310343 (2022) MEDIATISASI PENAFSIRAN GENDER AL-QUR’AN OLEH FAQIHUDDIN ABDUL KODIR DALAM MUBADALAH.ID Oleh: Ahmad Murtaza MZ NIM: 202050310343 TESIS Diajukan Kepada Program Studi Magister (S2) Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Dan Pemikiran Islam Uin Sunan Kalijaga untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Penyusunan Tesis Yogyakarta 2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIATISASI PENAFSIRAN GENDER AL-QUR’AN OLEH FAQIHUDDIN ABDUL KODIR DALAM MUBADALAH.ID Oleh: Ahmad Murtaza MZ NIM: 202050310343 TESIS Diajukan Kepada Program Studi Magister (S2) Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Dan Pemikiran Islam Uin Sunan K)
20205031034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEDIATISASI PENAFSIRAN GENDER AL-QUR’AN OLEH FAQIHUDDIN ABDUL KODIR DALAM MUBADALAH.ID Oleh: Ahmad Murtaza MZ NIM: 202050310343 TESIS Diajukan Kepada Program Studi Magister (S2) Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Dan Pemikiran Islam Uin Sunan K)
20205031034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mediatisasi agama merupakan keniscayaan yang telah terjadi dan memberikan dampak dan masuk ke dalam setiap lini kehidupan yang ada di masyarakat, termasuk Faqihuddin Abdul Kodir melalui tulisannya yang disampaikan melalui situs web mubadalah.id. Sebagai upaya untuk menyebarkan pemahaman feminisnya Faqihuddin yang awalnya memulai melalui penyebaran wacana feminis melalui bukunya Qirā’ah Mubādalah mulai masuk ke dalam dunia maya untuk memperkuat pemahaman yang egaliter antara perempuan dan laki-laki. Melalui situs mubadalah.id yang merupakan situs web yang diinisiasi sendiri olehnya ia menyebarkan pemahamannya melalui tulisan-tulisannya khususnya untuk menjawab narasi-narasi Islam yang selama ini memarginalkan perempuan. Oleh karenanya, penelitian ini akan menjawab dua rumusan masalah yaitu, bagaimana bentuk interpretasi gender Faqihuddin dalam mubadalah.id?, dan bagaimana bentuk mediatisasi agama dalam penafsiran Faqihuddin dalam mubadalah.id?. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut penelitian ini menggunakan teori mediatisasi yang bertujuan untuk melihat proses mediatisasi yang dialami oleh Faqihuddin, kemudian teori gender untuk menganalisis konsistensi Faqihuddin dalam menyampaikan pesan-pesan egaliter dalam tulisannya. Penelitian ini merupakan penelitian library research dan menggunakan metode netnografi sebagai analisis objek material yang merupakan sekumpulan artikel-artikel Faqihuddin yang menjelaskan tafsir pada situs web mubadalah.id. Adapun hasil dari penelitian ini adalah tulisan-tulisan Faqihuddin seputar tafsir dalam mubadalah.id berisikan narasi-narasi untuk menegakkan keadilan gender antara perempuan dan laki-laki. Selanjutnya, Faqihuddin bersama dengan mubadalah.id berhasil menjadi rujukan penting dalam isu-isu keagamaan. Di sisi lain, media juga telah memaksa Faqihuddin untuk masuk ke dalam logikanya yang dapat dilihat dari beberapa tulisan Faqihuddin yang merespons ragam isu yang masuk dalam ranah gender. Juga keduanya telah menjadikan media untuk mengambil alih agama yang selama ini otoritasnya terlembagakan. Selain itu gerakan feminisme telah masuk ke dalam mediatisasi sebagaimana yang terlihat dalam mubadalah.id yang terbagi pada tiga tingkatan, masyarakat, organisasi, dan individu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag., M.Hum., M.A.
Uncontrolled Keywords: mediatisasi, faqihuddin, mubadalah.id
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Oct 2022 13:31
Last Modified: 10 Oct 2022 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum