PERKEMBANGAN THARIQAH SYATHTHARIYAH OLEH K.H. AHMAD ZABIDI MARZUQI DI GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL TAHUN 2011-2022 M

Ahmad Daniyulloh, NIM.: 15120053 (2022) PERKEMBANGAN THARIQAH SYATHTHARIYAH OLEH K.H. AHMAD ZABIDI MARZUQI DI GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL TAHUN 2011-2022 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN THARIQAH SYATHTHARIYAH OLEH K.H. AHMAD ZABIDI MARZUQI DI GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL TAHUN 2011-2022 M)
15120053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN THARIQAH SYATHTHARIYAH OLEH K.H. AHMAD ZABIDI MARZUQI DI GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL TAHUN 2011-2022 M)
15120053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Thariqah Syaththariyah yang dipimpin oleh K.H. Ahmad Zabidi Marzuqi merupakan thariqah dengan dizikir yang ringan. Cukup mengamalkan lafal tahlil masing-masing 100x setelah sholat Subuh dan Isya. Thariqah Syaththariyah ini, diperkenalkan K.H. Muhammad Romly. Thariqah Syaththariyah ini mengalami perkembangan di daerah Bantul dan sekitarnya. Perkembangan yang terjadi diantaranya dari segi kegiatan, jamaah, dan juga penggunaan teknologi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Agar penelitian ini tidak melebar dari topik pembahasan, peneliti memfokuskan pada perkebangan Thariqah Syaththariyah yang dilakukan oleh K.H. Ahmad Zabidi Marzuqi di Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul pada tahun 2011 hingga pada 6 Agustus 2022. Peneliti menggunakan pendekatan biografi dan antropologi. Teori yang digunakan yaitu teori evolusi multiliniar oleh Steward. Metode yang digunakan yaitu metode historis yaitu meliputi Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Penelitian ini menunjukkan: Pertama, perkembangan Thariqah Syaththariyah pada masa K.H. Ahmad Zabidi Marzuqi meliputi jumlah jamaahnya yang bertambah setiap tahunnya, munculnya kajian-kajian dan kegiatan baru untuk umum. Kedua, berkembangnya Thariqah Sayttariyah merupakan evolusi multiliniar karena dipengaruhi oleh beberapa aspek yang saling berkaitan yaitu adanya dukungan dari latar belakang keluarganya, Ponpes Ar-Romly, K.H. Ahmad Zabidi Marzuqi ketika mengasuh Ponpes Nurul Ummah, penggunaan teknologi, masyarakat Giriloyo, dan jamaah Thariqah Syaththariyah. Ketiga, dampak dari adanya Thariqah Syaththariyah tersebut, yaitu meliputi aspek religi, kebatinan, manajemen waktu, serta aspek sosial yang tergambar antar jamaah dan juga antar masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurul Hak, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Thariqah Syaththariyah Girilyo, Perkembangan Thariqah, Masyarakat Giriloyo
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
TASAWUF > Tareqoh / Tarekat
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 10:59
Last Modified: 11 Oct 2022 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum