AKTIVITAS YAYASAN SANTRI AMANAH MADANIYAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DUSUN SEMANU UTARA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017-2022 M

Brian Dwiki Anggara, NIM.: 15120063 (2022) AKTIVITAS YAYASAN SANTRI AMANAH MADANIYAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DUSUN SEMANU UTARA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017-2022 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKTIVITAS YAYASAN SANTRI AMANAH MADANIYAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DUSUN SEMANU UTARA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017-2022 M)
15120063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AKTIVITAS YAYASAN SANTRI AMANAH MADANIYAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DUSUN SEMANU UTARA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017-2022 M)
15120063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penulis tertarik mengkaji tentang aktivitas Yayasan Santri Amanah Madaniyah karena letak kantor yayasan yang berada di wilayah Semanu Utara pada zaman dahulu wilayah tersebut terkenal sebagai komplek perjudian. Selain itu, dalam waktu singkat yayasan ini mampu berkembang dengan pesat di tengah pandemi covid-19. Peneliti juga tertarik tentang perhatiannya terhadap permasalahan sosial. Untuk mengetahui secara detail, peneliti menjabarkan rumusan masalah sebagai berikut; 1. Bagaimana sejarah pendirian Yayasan Santri Amanah Madaniyah? 2. Bagaimana peran yang dilakukan oleh Yayasan Santri Amanah Madaniyah dalam pemberdayaan masyarakat di Dusun Semanu Utara, Kabupaten Gunungkidul Tahun 2017-2022 M? 3. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam aktivitas pemberdayaan? 4. Bagaimana dampaknya untuk masyarakat? Penelitian ini merupakan jenis tulisan sejarah sosial yang berusaha menganalisa peristiwa sejarah. Penelitian ini menggunakan teori peran untuk melihat pola, tingkah laku maupun strategi yang digunakan Yayasan Santri Amanah Madaniyah dalam pemberdayaan masyarakat wilayah Semanu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode sejarah yang mencangkup empat langkah yaitu, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah pendirian Yayasan Santri Amanah berawal pada tahun 2017 dari perkumpulan keluarga Tri Astuti yang ingin berkontribusi untuk masyarakat. Penolakan justru merangsang perkumpulan ini untuk memikirkan bentuk yang ideal yaitu bentuk yayasan Islam dan telah sah pada bulan Maret 2021 dengan nama Yayasan Santri Amanah Madaniyah. Peran Yayasan Santri Amanah Madaniyah dalam pemberdayaan masyarakat didasarkan pada empat pokok bidang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yaitu bidang keagamaan, bidang pendidikan, bidang ekonomi dan bidang sosial. Faktor pendukung seperti banyaknya lembaga lain yang menjadi mitra. Sedangkan faktor penghambatnya seperti idealisme masing-masing pendiri dan pengurus. Peningkatan prestasi anak-anak melalui Rumah Anisa, terciptanya lapangan kerja dan peningkatan penghasilan masyarakat khususnya jamaah Masjid Besar Mujahidin merupakan dampak nyata dari peran yang dimainkan oleh Yayasan Santri Amanah Madaniyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Soraya Adnani M.Si.
Uncontrolled Keywords: Yayasan Santri Amanah Madaniyah, Pemberdayaan Masyarakat, Aktivitas Organisasi
Subjects: Islam dan Organisasi
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:52
Last Modified: 12 Oct 2022 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54053

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum