PENAKLUKAN KONSTANTINOPEL OLEH SULTAN MUHAMMAD AL-FATIH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN AGAMA MASYARAKAT ISTANBUL (1453-1481 M)

Dwi Aryani, NIM.: 15120095 (2022) PENAKLUKAN KONSTANTINOPEL OLEH SULTAN MUHAMMAD AL-FATIH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN AGAMA MASYARAKAT ISTANBUL (1453-1481 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAKLUKAN KONSTANTINOPEL OLEH SULTAN MUHAMMAD AL-FATIH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN AGAMA MASYARAKAT ISTANBUL (1453-1481 M))
15120095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENAKLUKAN KONSTANTINOPEL OLEH SULTAN MUHAMMAD AL-FATIH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN AGAMA MASYARAKAT ISTANBUL (1453-1481 M))
15120095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menjelaskan bagaimana latar belakang penaklukan Konstantinopel, menjelaskan alasan-alasan Muhammad Al Fatih menaklukan Konstantinopel, dan menjelaskan bagaimana dampak penaklukan Konstantinopel terhadap kehidupan beragama masyarakat Istanbul. Teori yang digunakan adalah teori kepemimpinan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan politik. Dalam penulisan ini menggunakan metode penelitian library research. Langkah-langkah yang ditempuh berurutan, yaitu heuristik (pengumpulan data), kritik atau verifikasi untuk memperoleh keabsahan sumber, Interpretasi (analisis data), dan historiografi (penulisan hasil). Hasil dari penulisan skripsi ini adalah Muhammad Al Fatih berhasil menaklukan Konstantinopel pada 1453 M setelah melalui persiapan-persiapan yang matang yaitu pengadaan senjata perang, menyeleksi pasukan yang kuat, memperkuat angkatan laut, mengadakan perjanjian-perjanjian dengan negara tetangga, hingga melakukan negosiasi dengan kaisar Konstantin. Alasan-alasan Muhammad Al Fatih menaklukan Konstantinopel adalah meneruskan pendahulunya yang sangat berambisi menaklukan Konstantinopel karena mengemban sebuah hadist Rasulullah. Hadist tersebut berbunyi “Sesungguhnya Konstantinopel itu pasti akan dibuka (ditaklukan). Sebaik-baik pemimpin adalah pemimpinnya, dan sebaik-baik pasukan adalah pasukannya.”(HR.Bukhari). Selain alasan tersebut Muhmmad Al Fatih juga ingin menguasai kegiatan perdagangan Internasional di kawasan Konstantinopel, ingin meruntuhkan dominasi Byzantium Romawi Timur, dan menegaskan kekuatan Islam di dunia Internasional. Dampak penaklukan bagi agama adalah adanya perubahan Gereja Hagia Sophia menjadi Masjid Aya Sophia, adanya konversi agama bagi masyarakat pribumi yaitu keinginan pindah memeluk Islam, penetapan hukum Islam pasca penaklukan, dan perubahan nama Konstantinopel menjadi Istanbul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penaklukan Konstantinopel, Dampak Kehidupan Agama Masyarakat Istanbul
Uncontrolled Keywords: Penaklukan Konstantinopel, Masyarakat Istanbul, Sultan Muhammad Al fatih
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:09
Last Modified: 12 Oct 2022 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum