PERKEMBANGAN MTS AS-SALAFIYYAH MLANGI NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA 2013-2018 M

Muhammad Ashar, NIM.: 15120102 (2022) PERKEMBANGAN MTS AS-SALAFIYYAH MLANGI NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA 2013-2018 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN MTS AS-SALAFIYYAH MLANGI NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA 2013-2018 M)
15120102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN MTS AS-SALAFIYYAH MLANGI NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA 2013-2018 M)
15120102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

MTs As-Salafiyyah Mlangi merupakan salah satu wujud dari fenomena pertumbuhan dan perkembangan lembaga madrasah di Indonesia, yang berdiri pada tahun 2013 di bawah naungan Yayasan As-Salafiyyah Mlangi dengan izin operasional madrasah berdasarkan surat keputusan Kementrian Agama (KEMENAG). Stagnan Pondok Pesantren As-Salafiyyah Mlangi menyebabkan didirikanya Yayasan As-Salafiyyah Mlangi, dalam mengelola pesantren yayasan tidak luput dari faktor penghambat salah satunya mengenai pendidikan formal, hal itu diatasi dengan mendirikan MTs As-Salafiyyah Mlangi, berdirinya lembaga pendidikan ini ternyata mendapat respon positif dari wali santri dan beberapa masyarakat, serta mendapat dukungan dan kepercayaan dari para alumni pesantren. Berangkat dari hal tersebut, penelitian sejarah MTs As-Salafiyyah Mlangi dilakukan. Penelitaian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan dari MTs As-Salafiyyah Mlangi tahun 2013-2018. Penelitian ini merupakan kajian sejarah sosial. Oleh karen itu, penulis menggunakan pendekatan sosiologi dan teori perubahan sosial Selo Soemardjan dalam menganalisis perkembangan pada madrasah yang menjadi objek kajian. Metode yang digunakan yaitu metode sejarah, yang meliputi empat langkah yaitu pengumpulan sumber (heuristik), kritik sumber (verifikasi), penafsiran sumber (interpretasi), dan penulisan sumber (historiografi). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa MTs As-Salafiyyah Mlangi berdiri atas faktor dari yang terjadi pada diri lembaga Yayasan As-Salafiyyah Mlangi. MTs As-Salafiyyah Mlangi mulai tahun 2013 sampai tahun 2018 mengalami perkembangan yang signifikan di berbagai aspek, yang meliputi: tenaga pengajar (guru), siswa-siswi, kurikulum, sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Herawati, S. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: MTs As-Salafiyyah Mlangi, Perkembangna Madrasah, Sistem Pendidikan
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:21
Last Modified: 12 Oct 2022 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum