KONTRIBUSI MASJID PERAK KOTAGEDE TERHADAP MASYARAKAT KAMPUNG TRUNOJAYAN PRENGGAN KOTAGEDE YOGYAKARTA 2006-2019

Muhammad Shiddiq M, NIM.: 15120109 (2022) KONTRIBUSI MASJID PERAK KOTAGEDE TERHADAP MASYARAKAT KAMPUNG TRUNOJAYAN PRENGGAN KOTAGEDE YOGYAKARTA 2006-2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI MASJID PERAK KOTAGEDE TERHADAP MASYARAKAT KAMPUNG TRUNOJAYAN PRENGGAN KOTAGEDE YOGYAKARTA 2006-2019)
15120109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI MASJID PERAK KOTAGEDE TERHADAP MASYARAKAT KAMPUNG TRUNOJAYAN PRENGGAN KOTAGEDE YOGYAKARTA 2006-2019)
15120109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Majid Perak terletak di kampung Trunojayan desa Prenggan Kotagede Yogyakarta. Masjid ini dibangun pada tahun 1937 dan pada tanggal 03 Agustus 2009 Masjid Perak direkontruksi ulang akibat terkena bencana pada tahun 2006 yaitu gempa bumi. Setelah Masjid Perak direkontruksi program kerja dan pengembangan sumber daya masjid mengalami perubahan dan peningkatanan. Oleh sebab itu Masjid Perak dapat berkontribusi bagi masyarakat. Kontribusi di dalam berbagai bidang kehidupan sosial masyarakat. Peran penting masjid ini menjadi menarik untuk deteliti. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah. Secara metodologis penelitian ini menggunakan metode sejarah yaitu heuristik, verifikasi, interprestasi, dan historiografi. Sebagai ilmu bantu analisis penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologiserta teori peranan sosial. Penelitian ini dibagi beberapa rumusan permasalahan yaitu Kondisi masyarakat Trunojayan Prenggan Kotagede Yogyakarta sebelum tahun 2006, kontribusi Masjid Perak Trunojayan Prenggan Kotagede Yogyakarta terhadap kehidupan masyarakat tahun 2006-2019 dan dampak dari kontribusi Masjid Perak Trunojayan Prenggan Kotagede Yogyakarta terhadap kehidupan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan Masjid Perak memiliki program kerja selain dari fasilitas ibadah masyarakat. Program kerja yang menunjang keseharian masyarakat meliputi keagamaan, pendidikan, sosial dan ekonomi. Program keagamaan yaitu fasilitas ibadah dan kajian keagamaan harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Program pendidikan yaitu pendidikan Al-Qur’an untuk anak, memfasilitasi sarana baca. Program sosial berupa santunan, fasilitas klinik kesehatan masyarakat. Program ekonomi melalui koperasi yang dibentuk oleh Masjid Perk. Melalui optimalisasi program-program tersebut Masjid Perak dapat berkontribusi bagi perkembangan jamaah dan masyarakat sekitar Masjid Perak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Syamsul Arifin, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Keagamaan Masyarakat, Program Kegiatan Masjid, Masjid Perak Kotagede Yogyakarta
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Masjid
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:57
Last Modified: 12 Oct 2022 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54066

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum