HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DEN GAN PERCA YA DIRI P ADA SISW A - SISWI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Isngadurrofiq, NIM. 01220646 (2006) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DEN GAN PERCA YA DIRI P ADA SISW A - SISWI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DEN GAN PERCA YA DIRI P ADA SISW A - SISWI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
01220646_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DEN GAN PERCA YA DIRI P ADA SISW A - SISWI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
01220646_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan emosional pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Y ogyakarta mayoritas sedang. Kecerdasan emosional dalam penelitian ini meliputi kemampuan seseorang untuk mengetahui dirinya sendiri, mengelola emosi atau regulasi diri, memotivasi diri, berempati, dan kemampuan bersosial. Percaya diri pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Y ogyakarta mayoritas tinggi. Percaya diri dalam penelitian ini meliputi perasaan optimis, yakin akan kemampuan dan rahmat Allah SWT, mandiri serta tenang. 3. Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan percaya diri pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Y ogyakarta. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi percaya diri. Hal ini sesuai dengan pendapat Goleman yang mengatakan bahwa seorang individu yang mempunyai kecerdasan emosional akan mengetahui apa yang dirasakan, memahami munculnya perasaan, dan menggunakannya sebagai sumber informasi dalam mengambil keputusan. Memiliki pandangan yang realistis terhadap kemampuan diri dan memiliki kepercayaan diri. Melihat hal-hal yang mempengaruhi kecerdasan emosional yang paling berpengaruh adalah faktor yang timbul dari diri individu itu sendiri yaitu otak dan kepribadian yang baik (akhlaqul-karimah), setelah kita mencermati secara lebih mendalam temyata apabila kecerdasan emosional semakin tinggi maka semakin tinggi pula percaya diri yang dimiliki seseorang, itu terlihat dan nyata dibuktikan pada penelitian yang di paparkan pada bah sebelumnya yang menunjukan bahwa hasil penelitian antara kecerdasan emosional dan percaya diri ada korelasi positif yang signifikan. Dengan tidak mengenyampingkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan emosional dan percaya diri, lingkungan pendidikan pesantren menunjukan peranannya dalam membekali kepribadian santri atau siswa untuk selalu berpegang pada akhlaqul katimah pada saat berkomurtikasi dan berinteraksi dengan tern.an, guru, dart orang-orang yang ada di sekitamya dapat mengarahkan dan membentuk santri atau siswa mertiiliki kecerdasan ettiosiortal dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Casmini S. Ag, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Percaya Diri, Siswa-Siwi Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Oct 2022 12:25
Last Modified: 12 Oct 2022 12:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum