KREDIBILITAS MEDIA TIRTO.ID DALAM PEMBERITAAN LEGALISASI ZINA DI MATA SANTRI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Shofi Nurul Arifah, NIM.: 15210003 (2022) KREDIBILITAS MEDIA TIRTO.ID DALAM PEMBERITAAN LEGALISASI ZINA DI MATA SANTRI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREDIBILITAS MEDIA TIRTO.ID DALAM PEMBERITAAN LEGALISASI ZINA DI MATA SANTRI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
15210003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KREDIBILITAS MEDIA TIRTO.ID DALAM PEMBERITAAN LEGALISASI ZINA DI MATA SANTRI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
15210003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media online menjadi angin segar dalam dunia jurnalistik. Sifatnya yang uptodate atau cepat dan real-time, dapat diakses dimana dan kapan saja menjadi salah satu keunggulan media online apabila dibandingkan media konvensional. Sayangnya, keunggulan tersebut sepaket dengan kelemahan media online. Karena sifatnya yang cepat, waktu untuk menyeleksi berita jauh lebih singkat dibandingkan dengan media konvensional lainnya. Media online yang dituntut cepat untuk menyajikan berita, membuat pemberitaan yang disampaikan rawan terjadinya ketidakakuratan bahkan terkadang berisi informasi palsu. Oleh sebab itu, masyarakat bersikap skeptis dalam menilai kredibilitas media online. Kejadian ini pernah terjadi saat debat Capres-cawapres 2019 lalu. tirto.id melalui akun twitternya @TirtoID mengunggah meme bergambar karikatur Ma’ruf Amin yang berisi tentang legalisasi zina. Meme ini menyinggung salah satu tokoh besar NU. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian kredibilitas media tirto.id dalam pemberitaan legalisasi zina menurut santri Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskripstif menggunakan metode survei. Sampel yang dihimpun adalah sebanyak 76 responden dari total populasi sebanyak 309 orang. Selanjutnya, teori yang digunakan adalah teori kredibilitas media menurut Flanangin & Metzger. Hasil penelitian menunjukkan kredibilitas media tirto.id dalam pemberitaan legalisasi zina termasuk dalam kategori tinggi menurut santri Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Hasil ini didominasi oleh dimensi accuracy dengan persentase sebanyak 30% dari total keseluruhan dimensi kredibilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Khadiq, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas Media, Media Online, Tirto.Id, Meme
Subjects: Dakwah > Media Dakwah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 15:26
Last Modified: 12 Oct 2022 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum