LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK PEMULIHAN KEPERCAYAAN DIRI PENYINTAS PELECEHAN SEKSUAL DI P2TPA REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA

Ajeng Suci Wulandari, NIM.: 15220009 (2022) LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK PEMULIHAN KEPERCAYAAN DIRI PENYINTAS PELECEHAN SEKSUAL DI P2TPA REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK PEMULIHAN KEPERCAYAAN DIRI PENYINTAS PELECEHAN SEKSUAL DI P2TPA REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA)
15220009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK PEMULIHAN KEPERCAYAAN DIRI PENYINTAS PELECEHAN SEKSUAL DI P2TPA REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA)
15220009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan luar, sekolah bahkan terjadi di dalam rumah oleh orang terdekat kita. Korban dalam kasus pelecehan seksual tidak memiliki target khusus karena siapapun dari kita bisa menjadi korban karena bentuk pelecehan yang terjadi berupa pelecehan secara verbal (siulan menggoda, komentar seksual, mengajak dengan konotasi sensual) dan non-verbal (memandang tubuh dengan sensual, memberi isyarat yang bermaknak seksual, menyentuh bagian tubuh tanpa izin) yang mengalibatkan terjadinya trauma secara psikis oleh penyintas. Hal ini menjadi perhatian peneliti dalam menulis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan konseling individu. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pendekatan pada layanan konseling individu untuk memulihkan kepercayaan diri penyintas pelecehan seksual di P2TPA Rekso Dyah Utami. Adapun Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adlah deskripsi kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah konselor dan ketua rehabilitasi sosial. Objek dalam penelitian ini adalah layanan konseling individu untuk pemulihan kepercayaan diri penyintas pelecehan seksual di P2TPA Rekso Dyah Utami Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan direktif dan non direktif dapat digunakan konselor dalam layanan konseling individu penyintas pelecehan seksual untuk pemulihan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelecehan Seksual, Konseling Individu, Kepercayaan Diri
Subjects: Psikologi
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:31
Last Modified: 13 Oct 2022 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum