BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA DI ASRAMA YATIM DAN DHUAFA MIZAN AMANAH YOGYAKARTA

Aghisti Hidayati, NIM.:15220074 (2022) BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA DI ASRAMA YATIM DAN DHUAFA MIZAN AMANAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA DI ASRAMA YATIM DAN DHUAFA MIZAN AMANAH YOGYAKARTA)
15220074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA DI ASRAMA YATIM DAN DHUAFA MIZAN AMANAH YOGYAKARTA)
15220074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran beragama yang mempengaruhi perilaku seseorang. Bimbingan Keagamaan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama. Kesadaran beragama merupakan hal yang penting dan dapat menjadi pencegahan perilaku menyimpang dan kriminal. Bimbingan Keagamaan dilakukan sebaiknya sejak dini karena usia anak-anak masih lebih mudah diarahkan dan dibentuk. Asrama Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta merupakan asrama untuk anak-anak yatim dan dhuafa yang memberikan bimbingan keagamaan setiap harinya dan memasukannya ke dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mana menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penggunaan analisi data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kesadaran beragama anak yatim dan dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta berupa pemberian materi dengan metode individu dan kelompok kemudian dipraktekkan pada kehidupan sehari-hari. Hal ini dilakukan dengan terus berulang setiap harinya sehingga menjadikan kebiasaan anak akan kegiatan keagamaan dan peribadatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Rifa’I, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Kesadaran Beragama, Media Bimbingan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:38
Last Modified: 13 Oct 2022 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum