PENGARUH PERILAKU ORANG TUA TERHADAP KENAKALAN ANAK (Studi Dua Keluarga di Desa Banarjoyo Sukadana Lampung Timur)

Asih Nurmawati, NIM. 01220763 (2006) PENGARUH PERILAKU ORANG TUA TERHADAP KENAKALAN ANAK (Studi Dua Keluarga di Desa Banarjoyo Sukadana Lampung Timur). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERILAKU ORANG TUA TERHADAP KENAKALAN ANAK (Studi Dua Keluarga di Desa Banarjoyo Sukadana Lampung Timur))
01220763_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERILAKU ORANG TUA TERHADAP KENAKALAN ANAK (Studi Dua Keluarga di Desa Banarjoyo Sukadana Lampung Timur))
01220763_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perilaku yang ditampilkan orang tua Aji terhadap anak-anaknya adalah perilaku yang keras dan selalu mendikte anak-anaknya. Mereka selalu menuntut anak-anaknya untuk melakukan sesuatu yang sifatnya baik, tetapi perintah orang tuanya tidak diikuti oleh perilaku yang konsekuen orang tuanya atas apa yang selalu mereka katakan maupun perintahkan kepada anaknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku orang tua Aji membawa pengaruh yang tidak baik bagi anak-anaknya. Mereka tidak memberikan contoh yang baik yang dapat ditiru ( diteladani) oleh anak-anaknya. Perilaku yang ditampilkan orang tua Dian terhadap anak-anaknya adalah perilaku yang lunak dan selalu mcnaschati anak-anaknya. Mereka selalu memberikan contoh kepada anak-anaknya sebelum menyuruh anaknya untuk melakukannya. Jadi segala perintah selalu diikuti dengan perilaku yang konsekuen dari mereka atas apa yang selalu mereka katakan maupun perintahkan kepada anaknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku orang tua Dian membawa pengaruh yang baik bagi anak-anaknya. Mereka memberikan contoh yang baik yang dapat ditiru (diteladani) oleh anak­anaknya. 3. Perilaku nakal Aji saat berada di rumah maupun di luar rumah berbeda dengan teman-temannya, bahkan dapat dikatakan termasuk menonjol. Perilaku nakal Aji dilatar belakangi antara lain oleh; kurangnya komunikasi antara nggota keluarga, keadaan ekonominya yang kurang dibandingkan dengan teman­temannya, dan kebutuhan psikologis yang kurang pula dia dapatkan dari orang tuanya karena keterbatasan pengetahuan orang tuanya serta kurangnya perhatian orang tua terhadap Aji. 4. Perilaku nakal Dian tidak seburuk perilaku Aji, karena frekuensi melakukan lebih sedikit atau tergantung dari teman-temannya yang mengganggunya. Walaupun kadang Dian berperilaku nakal seperti ; mengejek, menghina, menertawakan, mengancam dan lain-lain terhadap teman-temannya. Tetapi Dian dapat berperilaku sopan terhadap gurunya, berbeda dengan Aji yang terkadang suka melawan gurunya. Dian dapat berperilaku baik hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain ; ketauladanan dari orang tuanya yang selalu menghormati yang lebih tua serta nasehat -nasehat dari orang tuanya untuk selalu menghormati guru dan orang yang lebih tua dari Dian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Hamdan Daulay, M. SI
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Perilaku Orang Tua, Kenakalan Anak , Banarjoyo Sukadana Lampung Timur
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:33
Last Modified: 13 Oct 2022 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54108

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum