IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN DI MASA PANDEMI (STUDI PENERAPAN PROGRAM DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR [RSB] DIPONEGORO, MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN 2020-2022)

Mohammad Mujibul Khair, NIM.: 15230071 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN DI MASA PANDEMI (STUDI PENERAPAN PROGRAM DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR [RSB] DIPONEGORO, MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN 2020-2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN DI MASA PANDEMI (STUDI PENERAPAN PROGRAM DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR [RSB] DIPONEGORO, MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN 2020-2022))
15230071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN DI MASA PANDEMI (STUDI PENERAPAN PROGRAM DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR [RSB] DIPONEGORO, MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN 2020-2022))
15230071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berupaya mendeskripsikan mekanisme pendampingan yang terdapat di Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro, beserta dengan kendala-kendalanya selama masa pandemi. Karena tidak menutup kemungkinan, selama masa pandemi anak jalanan tidak lagi turun ke jalanan. Oleh karena itu dan dengan mematuhi protokol kesehatan, rumah singgah dan belajar tetap melaksanakan program dengan atau menambah dan mengganti kegiatan. Penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek implementasi program yang terdapat dalam lembaga tersebut. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa proses pendampingan meliputi beberapa perencanaan, seperti rekruitmen anak jalanan, persiapan materi dan persiapan jadwal pendampingan, serta menentukan tempat belajar. Sedangkan untuk pelaksanaannya sendiri meliputi pelaksanaan pendampingan yang terdapat lima kegiatan atau pendampingan; pendampingan mengaji; pelatihan keterampilan yang di dalamnya terdapat pendampingan teknik otomotif dan memasak; pendampingan kesehatan; shering orangtua binaan; dan home fisit. Selanjutnya peneliti menemukan kendala dan faktor pendukung. Langkah terakhir dalam penelitian ini adalah dengan evaluasi untuk menemukan permasalahan selama kegiatan. Evaluasi dilakukan setiap rapat mingguan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Anak Jalanan, Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2022 09:02
Last Modified: 13 Oct 2022 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum