IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA SISTEM INFORMASI STRATEGIS NAHDLATUL ULAMA (SISNU) DI PCNU KABUPATEN BLORA

Fahmi Fajrul Ghalib, NIM.: 15240098 (2022) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA SISTEM INFORMASI STRATEGIS NAHDLATUL ULAMA (SISNU) DI PCNU KABUPATEN BLORA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA SISTEM INFORMASI STRATEGIS NAHDLATUL ULAMA (SISNU) DI PCNU KABUPATEN BLORA)
15240098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA SISTEM INFORMASI STRATEGIS NAHDLATUL ULAMA (SISNU) DI PCNU KABUPATEN BLORA)
15240098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi yang memiliki banyak jamaah harus terus berkembang menjawab semua tantangan zaman, tidak terkecuali tantangan di era industri 4.0. Salah satu tantangan yang nyata adalah pentingnya data riil sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan dalam segala bidang kehidupan, baik ekonomi, pendidikan, sosial dan bidang kehidupan lainnya. Melihat betapa urgennya persoalan data, maka PWNU Jawa Tengah meluncurkan program yang mampu menjawab kebutuhan data guna menginventarisir warga nahdliyin. Program yang diluncurkan adalah sensus warga NU berbasis Sistem Informasi Strategis NU (SISNU). Sebagai cabang NU tertua dan penghargaan yang diraih, PCNU Kabupaten Blora idealnya dapat menjadi rujukan dalam pelaksanaan program pendataan SISNU oleh cabang NU lainnya. Tujuan penelitian ini guna mengetahui secara luas tentang implementasi sistem informasi manajemen pada SISNU di PCNU Kabupaten Blora yang telah tercapai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman serta menggunakan metode triangulasi sumber data dalam menguji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi SIM pada SISNU di PCNU Kabupaten Blora dapat dilihat dari tiga indikator yaitu Input, Proses dan Output. Meskipun dalam pengumpulan data dilakukan secara manual dapat menjamin validasi data yang masuk sehingga pada tahap input sudah jelas dan lengkap. Pada sub sitem proses, database yang digunakan dalam pengolahan data sudah optimal dalam bentuk website. Adapun hardware dan software juga sudah sesuai dengan kebutuhan dalam melakukan sensus warga NU. Sub sistem output, telah menjadi acuan dalam menjalankan tugas dan pengambilan keputusan oleh pengurus PCNU Kabupaten Blora dalam hal ini direalisasikan pada program kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munif Solikhan, MPA
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Nahdlatul Ulama, Manajemen Robert G. Murdick
Subjects: Sistem Informasi
Manajemen
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2022 13:16
Last Modified: 13 Oct 2022 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum