FAKTOR PENYEBAB POLA ASUH PERMISIF DI KALANGAN PETANI STUDI KASUS DI DUSUN PANDAN SURAT, DESA BOTO, KECAMATAN BATURETNO, KABUPATEN WONOGIRI

Dede Nursiti Taati, NIM.: 15250005 (2022) FAKTOR PENYEBAB POLA ASUH PERMISIF DI KALANGAN PETANI STUDI KASUS DI DUSUN PANDAN SURAT, DESA BOTO, KECAMATAN BATURETNO, KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR PENYEBAB POLA ASUH PERMISIF DI KALANGAN PETANI STUDI KASUS DI DUSUN PANDAN SURAT, DESA BOTO, KECAMATAN BATURETNO, KABUPATEN WONOGIRI)
15250005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR PENYEBAB POLA ASUH PERMISIF DI KALANGAN PETANI STUDI KASUS DI DUSUN PANDAN SURAT, DESA BOTO, KECAMATAN BATURETNO, KABUPATEN WONOGIRI)
15250005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pola asuh orang tua adalah suatu pola pengasuhan orang tua yang diterapkan pada anaknya, bagaimana orang tua memperlakukan anak, membimbing dan mendidik anak, serta cara mendisiplinkan anak, termasuk di dalamnya adalah bagaimana orang tua melindungi anak dan mempersiapkan proses pendewasaan pada anak, tujuannya adalah agar anak dapat berperilaku sesuai norma dan nilai yang baik dalam masyarakat. Pemilihan dan penerapan pola asuh dalam suatu keluarga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendorong orang tua memilih pola asuh yang diterapkan pada anak. Pemilihan lokasi di Dusun Pandan Surat, Boto, Baturetno, Wonogiri yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani dan buruh tani. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga keluarga di dusun Pandan Surat dengan kriterian keluarga petani yang anak memiliki anak usia 12-15 tahun dan menerapkan pola asuh permisif. Analisa dan pengamatan informasi data dikumpulkan berupa; naskah hasil wawancara, catatan di lapangan, foto, dokumen pribadi, dan dokumen resmi terkait data dusun. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber-sumber yang ada. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menjabarkan pola asuh permisif, faktor yang mempengaruhi pemilihan dan penerapannya serta dampak yang terjadi pada anak. Pemilihan dan penerapan pola asuh permisif di Dusun Pandan Surat masih awam karena keluarga tidak memiliki wawasan penuh tentang pola asuh. Anak bebas menentukan pilihan tanpa persetujuan orang tua namun tidak diikuti dengan kesiapan tanggung jawab dari anak. Faktor kuat yang mempengaruhi pemilihan dan penerapan pola asuh adalah tingkat sosial ekonomi dan tingkat pendidikan, diikuti kepribadian orang tua dan jumlah anak dalam satu keluarga. Dampak pola asuh permisif masih kuat didominasi dampak negatif karena dampak positif pola asuh permisif hanya akan terlihat pada anak yang siap dengan tanggung jawab yang dibebankan padanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andayani S.IP MSW
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Permisif, Masyarakat Perdesaan, Mendidik Anak
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2022 13:26
Last Modified: 13 Oct 2022 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum