HALAMAN SAMPUL PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP POSYANDU SEKAR MELATI II DI KAMPUNG LELES RW 18, DESA CONDONGCATUR, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN

Akhsani Fauzi, NIM.: 15250042 (2022) HALAMAN SAMPUL PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP POSYANDU SEKAR MELATI II DI KAMPUNG LELES RW 18, DESA CONDONGCATUR, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN SAMPUL PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP POSYANDU SEKAR MELATI II DI KAMPUNG LELES RW 18, DESA CONDONGCATUR, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN)
15250042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HALAMAN SAMPUL PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP POSYANDU SEKAR MELATI II DI KAMPUNG LELES RW 18, DESA CONDONGCATUR, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN)
15250042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang partisipasi masyarakat terhadap Posyandu Sekar Melati II di Kampung Leles RW 18, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Latar belakang dari penelitian ini adalah tingkat partisipasi masyarakat terhadap Posyandu Sekar Melati II tidak mencapai target renstra Kabupaten Sleman. Posyandu Sekar Melati II terletak di Kampung Leles RW 18, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok. Kampung Leles RW 18 dikenal sebagai Kampung Ramah Anak yang diharapkan mampu memenuhi hak-hak anak, salah satunya yaitu hak kesehatan anak melalui Posyandu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran mengenai partisipasi masyarakat dalam pelayanan kesehatan dasar di Posyandu Sekar Melati II serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber data. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 5 bentuk partisipasi masyarakat terhadap Posyandu Sekar Melati II, yaitu partisipasi tenaga, partisipasi harta benda, partisipasi keterampilan, partisipasi buah pikiran, dan partisipasi sosial. Partisipasi aktif dalam pemeliharaan Posyandu Sekar Melati II secara prosesional ditunjukkan paling lengkap oleh kader, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasi program Posyandu. Sementara, para ibu balita lebih banyak berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan atau pemanfaatan Posyandu Sekar Melati II. Partisipasi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung, seperti pengetahuan yang baik tentang Posyandu, kemauan, kebiasaan, penghargaan, dan lokasi Posyandu yang mudah dijangkau, serta beberapa faktor penghambat, seperti pekerjaan, acara lain, dan kondisi alam yang buruk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Noorkamilah S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Posyandu, Partisipasi Masyarakat, Renstra Kabupaten Sleman
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2022 13:30
Last Modified: 13 Oct 2022 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum