DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KELOMPOK FOTOGRAFI DI KAWASAN WISATA PANTAI NGOBARAN GUNUNG KIDUL)

Hasan Budiyanto, NIM.: 15250051 (2022) DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KELOMPOK FOTOGRAFI DI KAWASAN WISATA PANTAI NGOBARAN GUNUNG KIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KELOMPOK FOTOGRAFI DI KAWASAN WISATA PANTAI NGOBARAN GUNUNG KIDUL))
15250051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KELOMPOK FOTOGRAFI DI KAWASAN WISATA PANTAI NGOBARAN GUNUNG KIDUL))
15250051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk_menganalisa bagaimana dampak dari suatu pariwisata terhadap kesejahteraan para kelompok fotografi yang berlokasi di Pantai Ngobaran Gunung Kidul. Hal ini penting untuk dikaji untuk mengetahui fotografer dan pergejolakan di dalam internal kelompok tersebut. Kelompok tersebut dituntut untuk mengembangkan pariwisata dari hasil yang didapat dari kegiatan pariwisata dengan menganalisa dampak dari kelompok tersebut yang menggambarkan dampak positif maupun dampak negative. Dari permasalahan tersebut dirumuskan pertanyaan yaitu; Bagaimana dampak pengembangan pariwisata terhadap kesejahteraan fotografer di kawasan waisata pantai Ngobaran Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul D.I.Yogyakarta? Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggnakan pendekatan kualitatif. Penggalian data dilakukan dengan teknik snowball sampling. Data dikmpulkan dengan metode wawancara secara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Untuk menjawab dari rumusan masalah digunakan teori dampak dalam kegiatan pariwisata studi kasus kelompok fotografi di kawasan wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, model data, dan peranikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak positif maupun negtif dalam suatu kelompok fotografi memperlihatkan pola usaha yang sangat maju, kendati demikian dalam setiap perkumpulan selalu diringi oleh dampak yang menyebabkan kelompok tersebut semakin maju maupun mundur. Dampak positif dari kelompok fotografi di Pantai Ngobaran tersebut meliputi bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Adapun dalam dampak negatif melipti sosial, budaya, dan agama yang selalu beriringan didalam kehidupan sosial masyarakat pelaku pariwisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, Kelompok Fotografi, Pelaku Wisata
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Industri Pariwisata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2022 13:32
Last Modified: 13 Oct 2022 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum