PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA DOPLANG KECAMATAN PURWOREJO

Muhammad Mahmuddin Fahmi, NIM.: 15250054 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA DOPLANG KECAMATAN PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA DOPLANG KECAMATAN PURWOREJO)
15250054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA DOPLANG KECAMATAN PURWOREJO)
15250054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan, kebebasan dari masalah kemiskinian, kemakmuran dan kemajuan pada tingkat ekonomi masyarakat adalah cita-cita setiap bangsa, termasuk bangsa Indonesia. Dalam usahanya meningkatkan ekonomi serta menciptakan kesejahteraan, masyarakat juga membutuhkan pemerintah sebagai lembaga yang memfasilitasi, melindungi dan membantu memudahkan dalam memenuhi kebutuhan serta mencapai kesejahteraan. Dalam hal tersebut pemerintah Indonesia memberikan fasilitas, bantuan, dan bentuk pemberdayaan masyarakat melalui program yang diberikan kepada masyarakat miskin, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Peneliti tertarik untuk mengetahui dan meneliti bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan yang dilakukan di Desa Doplang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara serta dokumentasi, sementara teknik analisis dengan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik uji keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Pemberdayaan yang dilakukan pemerintah di Desa Doplang kepada masyarakat melalui PKH adalah dengan cara diadakannya beberapa pelatihan kewirausahaan dan pemberian penyuluhan tentang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan sosial. Selain itu, masyarakat juga diberikan pendampingan berupa motivasi moril oleh pendamping PKH dengan cara diadakannya P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) atau FDS (Family Development Session) yang diadakan secara rutin setiap bulan. Ada juga pola pemberdayaan lain yang dilakukan di Desa Doplang yaitu adanya bantuan pemodalan kepada KPM melalui KUBE. Dengan adanya pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan membawa perubahan baik dalam segi ekonomi, kesehatan dan pendidikan keluarga penerima manfaat. Perubahan dalam tingkat ekonomi bagi KPM yaitu berkurangnya jumlah penerima PKH setelah program KUBE berjalan. Perubahan dalam tingkat pendidikan yaitu berupa jaminan sekolah bagi anak-anak mereka melalui pemberian dana bantuan untuk meringankan biaya pendidikan. Sehingga tidak ada lagi kasus anak putus sekolah dengan kendala biaya. Sedangkan perubahan tingkat kesehatan adalah pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan kebersihan lebih meningkat, kesehatan KPM menjadi lebih terjamin dengan adanya kegiatan Posyandu dan Posbindu, dan berkurangnya kasus anak stunting atau kekurangan gizi pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khotibul Umam, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Program Keluarga Harapan (PKH), P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga), FDS (Family Development Session)
Subjects: Keluarga Sejahtera
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2022 13:34
Last Modified: 13 Oct 2022 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum