DETEKSI KEBERADAAN MIKROPLASTIK PADA ORGAN PENCERNAAN IKAN BANDENG (Chanos chanos Forsskal, 1775) DI TAMBAK DESA SUNGONLEGOWO BUNGAH GRESIK

Nihayah Putri Dayana, NIM.: 15640051 (2022) DETEKSI KEBERADAAN MIKROPLASTIK PADA ORGAN PENCERNAAN IKAN BANDENG (Chanos chanos Forsskal, 1775) DI TAMBAK DESA SUNGONLEGOWO BUNGAH GRESIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETEKSI KEBERADAAN MIKROPLASTIK PADA ORGAN PENCERNAAN IKAN BANDENG (Chanos chanos Forsskal, 1775) DI TAMBAK DESA SUNGONLEGOWO BUNGAH GRESIK)
15640051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DETEKSI KEBERADAAN MIKROPLASTIK PADA ORGAN PENCERNAAN IKAN BANDENG (Chanos chanos Forsskal, 1775) DI TAMBAK DESA SUNGONLEGOWO BUNGAH GRESIK)
15640051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sampah plastik merupakan salah satu ancaman bagi ekosistem jika tidak ditangani dengan tepat. Sampah plastik yang telah lama mengendap diperairan, lambat laun akan terdegradasi menjadi ukuran yang sangat kecil yang disebut mikroplastik dan akan masuk dalam rantai makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan mikroplastik pada ikan bandeng (Chanos chanos) di tambak Desa Sungonlegowo Bungah Gresik. Sampling dilakukan di tiga stasiun yaitu tambak yang berdekatan dengan bengawan solo, tambak yang berdekatan dengan laut dan tambak yang berdekatan dengan pemukiman warga. Metode analisa laboratorium menggunakan hidrogen peroksida untuk mendestruksi sampel, pemisahan densitas dan pengamatan menggunakan mikroskop untuk mendeteksi keberadaan mikroplastik. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa seluruh sampel pada ketiga stasiun mengandung mikroplastik. Jenis mikroplastik yang ditemukan yaitu fiber, film dan fragmen dan yang terbanyak ditemukan yaitu jenis fiber. Ukuran mikroplastik ditemukan bervariasi pada ketiga stasiun. Pada stasiun 1, ukuran mikroplastik berkisar antara 0,2-1,7 mm, pada stasiun 2 ukuran mikroplastik berkisar antara 0,2-2 mm dan pada stasiun 3 ukuran mikroplastik berkisar antara 0,3-2 mm. Warna mikroplastik juga bervariasi pada ketiga stasiun. Pada stasiun 1, warna mikroplastik yang ditemukan yaitu warna hitam dan merah, pada stasiun 2 warna mikroplastik yang ditemukan yaitu warna hitam, transparan dan merah dan pada stasiun 3 warna mikroplastik yang ditemukan yaitu warna hitam saja. Warna mikroplastik dominan pada ketiga stasiun yaitu warna hitam. Kelimpahan tertinggi yaitu pada stasiun 2 tambak yang berdekatan dengan laut dengan total 4,3 partikel/ikan. Kelimpahan terendah yaitu pada satasiun 3 tambak yang berdekatan dengan pemukiman warga dengan total 3 partikel/ikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Isma Kurniatanty, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ikan Bandeng, Kelimpahan, Mikroplastik
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Oct 2022 10:41
Last Modified: 14 Oct 2022 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum