ANALISIS METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJARKAN IBADAH MAHDHAH PADA SISWA TUNANETRA DI SLB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Achmad Zakky Mubarok, NIM.: 15410016 (2022) ANALISIS METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJARKAN IBADAH MAHDHAH PADA SISWA TUNANETRA DI SLB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJARKAN IBADAH MAHDHAH PADA SISWA TUNANETRA DI SLB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
15410016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJARKAN IBADAH MAHDHAH PADA SISWA TUNANETRA DI SLB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
15410016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang tua mengharapkan anak yang dilahirkan tumbuh menjadi anak yang menyenangkan, terampil, dan pintar yang nantinya akan menjadi penerus keluarga dan bermanfaat bagi masyarakat. Namun terbatasnya kemampuan penglihatan membuat orang yang mengalami gangguan panca indera menggunakan indera yang lain dalam menerima dan memproses informasi yang diperoleh. Dalam kacamata pendidikan, siswa yang tunanetra adalah mereka yang penglihatannya terganggu sehingga menghalangi dirinya untuk berfungsi dalam proses pembelajaran. Peran guru dalam sekolah bagi siswa berkebutuhan khusus tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu umum dan keterampilan, tetapi guru juga berperan dalam mendidik psikologi siswa agar percaya diri, bersemangat, dan produktif termasuk dalam pendidikan agama khususnya ibadah mahdah.Ibadah mahdah merupakan aktivitas atau perbuatan yang sudah ditentukan syarat dan rukunnya.SLB/A Yaketunis Yogyakarta merupakan sekolah yang fokus terhadap siswa yang berkebutuhan khusus, maka tujuan penelitian ini untuk menganalisis metode guru Pendidikan Agama Islam tunanetra dalam mengajarkan ibadah mahdhah bagi siswa tunanetra. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawanacara dan dokumentasi yang dilakukan di SLB/A Yaketunis Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran ibadah mahdhah ada dua macam yaitu metode ceramah dan metode direct Instruction.Pada setiap metode tentunya memiliki manfaat dan hambatan dalam penerapanya. Metode ceramah, seorang guru tidak memerlukan banyak alat bantu dalam pelaksanaannya, namun hambatannya guru harus memberikan perhatian lebih terhadap siswa. Sedangkan metode Direct Instruction lebih efektif dan hambatannya pengetahuan siswa tergantung dari pemahaman guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Guru, Ibadah Mahdah, Siswa Tunanetra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Oct 2022 14:07
Last Modified: 14 Oct 2022 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum