PERAN MASYARAKAT DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AL AMIN GEDONGKUNING KOTAGEDE YOGYAKARTA

Septyan Tova Amalludin, NIM.: 15410062 (2022) PERAN MASYARAKAT DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AL AMIN GEDONGKUNING KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MASYARAKAT DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AL AMIN GEDONGKUNING KOTAGEDE YOGYAKARTA)
15410062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN MASYARAKAT DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AL AMIN GEDONGKUNING KOTAGEDE YOGYAKARTA)
15410062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna dari data yang berhasil didapatkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran masyarakat dalam perkembangan pendidikan islam di panti asuhan dan pondok pesantren Al Amin sangat banyak, dimulai dari pengadaan tempat, penggalangan dana dan sumbangan, pembangunan tempat sebagai sarana dan prasarana pendidikan, menjadi tenaga pendidik, sampai dengan pembinaan dan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh masyarakat sekitar. 2) perkembangan pendidikan khususnya pendidikan islam di panti asuhan dan pondok pesantren Al Amin cukup baik, hal ini dapat dilihat dari proses berkembangnya pendidkan islam di Al Amin. Perkembangan ini dimulai dari yang tadinya hanya mempelajari tata baca Al Qur’an dengan baik dan benar menggunakan sarana dan prasarana seadanya berkembang menjadi pembelajaran Al Qur’an yang tidak hanya berfokus di pembenaran bacaan saja tetapi dilanjutkan dengan hafalan atau program tafidz. Disamping pembelajaran Al Qur’an santri Al Amin juga dibekali dengan pendidikan bahasa yaitu bahasa arab dan bahasa inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Pendidikan Islam, Bantuan Materi (Sumbangan, Dukungan Masyarakat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Oct 2022 16:05
Last Modified: 14 Oct 2022 16:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum