KONSEP KESETARAAN GENDER DALAM BUKU QIRAAH MUBADALAH KARYA FAQIHUDDIN ABDUL KODIR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Ulfatunni’mah Antufrihana, NIM.: 15410107 (2022) KONSEP KESETARAAN GENDER DALAM BUKU QIRAAH MUBADALAH KARYA FAQIHUDDIN ABDUL KODIR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KESETARAAN GENDER DALAM BUKU QIRAAH MUBADALAH KARYA FAQIHUDDIN ABDUL KODIR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KESETARAAN GENDER DALAM BUKU QIRAAH MUBADALAH KARYA FAQIHUDDIN ABDUL KODIR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah laki-laki dianggap lebih kuat, lebih unggul, dan lebih penting, serta memiliki sifat memimpin dan mempunyai kemampuan yang besar untuk menjalankan tugas-tugas yang tidak bisa dikerjakan oleh perempuan. Selain itu, kedudukan laki-laki dalam ranah publik lebih dominan daripada perempuan. Perempuan lebih dominan dalam ranah domestik. Kedudukan kepala sekolah didominasi oleh laki-laki, bahkan jumlah tenaga pengajar, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama ke atas lebih didominasi oleh laki-laki. Pendidikan merupakan salah satu kunci terwujudnya keadilan atau kesetaraan gender dalam masyarakat. Pendidikan Agama Islam merupakan proses penyampaian informasi dalam pembentukan insan yang beriman agar manusia menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai diri sendiri, masyarakat, serta kepada Tuhan. Melaksanakan Pendidikan dalam Islam adalah wajib hukumnya bagi setiap laki-laki muslim dan perempuan muslim, bukan hanya laki-laki saja atau perempuan saja, akan tetapi keduanya. Di era modern ini banyak sekali yang melakukan pembaharuan kesetaraan gender, salah satunya Faqihuddin Abdul Kodir melalui bukunya yang berjudul Qiraah Mubadalah. Melihat betapa pentingnya kesetaraan gender ini, maka tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui konsep kesetaraan gender dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini yaitu studi Pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, pencarian dan pengumpulan data dengan membaca dan mendalami, mendeskripsikan dan menganalisa, dan membuat kesimpulan. Analisis yang digunakan adalah analisis konten. Hasil penelitian ini adalah: pertama, kesetaraan atau keadilan gender dalam buku Qiraah Mubadalah adalah hubungan antara dua pihak yang mengandung arti kemitraan kerja sama, timbal balik, tanpa meninggikan salah satu dan tanpa merendahkan salah satu. Baik laki-laki-laki maupun perempuan mempunyai kesempatan yang sama dalam ruang domestik maupun publik tanpa membedakan ras, suku, agama, dan lain sebagainya. Konsep kesetaraan gender dalam buku Qiraah Mubadalah relevan dengan pendidikan agama Islam mengenai akidah, ibadah, dan dalam lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Pendidikan Agama Islam, Buku Qiraah Mubadalah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Gender
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Oct 2022 16:08
Last Modified: 14 Oct 2022 16:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum