UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI TANJUNGAN, WEDI, KLATEN

Dzikrina Hasna Mutia, NIM.: 15430025 (2022) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI TANJUNGAN, WEDI, KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI TANJUNGAN, WEDI, KLATEN)
15430025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI TANJUNGAN, WEDI, KLATEN)
15430025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan anak yang sangat bagus di usianya, dan perlu arahan bimbingan orang tua dalam mengawasi perkembangan anak. Semua perkembangan anak perlu di pantau melalui cara-cara yang bisa menstimulus perkembangan, salah satunya perkembangan bahasa anak perlu di terapkan kepada anak agar anak bisa mengungkapkan apa yang ia rasakan. penerapan ini bisa di lakukan dengan pembelajaran media kartu bergambar, karna melalui media ini akan mudah dipahami. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, , yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini: (1)Untuk mengetahui perkembangan bahasa anak dengan media kartu bergambar di kelompok B TK Pertiwi Tanjungan Wedi. (2)Untuk mengetahui hasil pengembangan bahasa anak dengan media kartu bergambar di kelompok B TK Pertiwi Tanjungan Wedi. (3)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembalajaran bahasa anak dengan media kartu bergambar di kelompok B TK Pertiwi Tanjungan Wedi Hasil penelitian menunjukkan: (1)Penerapan pembelajaran bahasa anak dengan media kartu bergambar pada kelompok B di TK Pertiwi Tanjungan: Menyiapkan Media Pembelajaran Yang Akan Disampaikan di TK Pertiwi Tanjungan, Mengatur duduk anak dibawah membentuk oval,Memberikan Materi dari gambar agar mengerti nama bagian tubuh dengan benar, Menunjukkan tempat anggota badan ,Anak diminta untuk membuat anggota badan dengan tanah liat,Melaksanakan Evaluasi. (2) Hasil pelaksanaan pengembangan bahasa anak melalui media kartu bergambar pada kelompok B di TK Pertiwi Tanjungan ada peningkatan dalam pengembangan bahasa yang signifikan hal tersebut dapat dibuktikan dengan perbedaan anak yang pengembangan bahasanya berkembang sangat baik terdapat 15 anak sedangkan terdapat 5 anak yang pengembangan bahasanya belom berkembang dan mulai berkembang.(3) Faktor pendukung meliputi : sarana dan prasarana sekolah cukup memadai, peserta didik antusias terhadap media kartu bergambar sedangkan faktor penghambat yakni kondisi anak, tingkat konsentrasi anak yang hanya bertahan sebentar, terkadang guru kurang memperhatikan anak yang asik sendir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Hibana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kartu Bergambar, Bahasa, TK Pertiwi Tanjungan
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:54
Last Modified: 17 Oct 2022 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum