STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PASCA PANDEMI COVID-19 DI PAUD TERPADU JOGJA CITRA

Reni Noviasari, NIM.: 15430072 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PASCA PANDEMI COVID-19 DI PAUD TERPADU JOGJA CITRA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PASCA PANDEMI COVID-19 DI PAUD TERPADU JOGJA CITRA)
15430072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PASCA PANDEMI COVID-19 DI PAUD TERPADU JOGJA CITRA)
15430072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku anak didik pada masa pasca pandemi Covid-19 yang menunjukkan kurangnya tangggung jawab, takut dalam melakukan sesuatu, tidak bisa melakukan permasalahan sendiri, serta kurangnya kemandirian anak didik dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Dengan demikian karakter mandiri sangat penting ditanamkan pada anak usia dini kelas A1 PAUD Terpadu Jogja Citra. Fokus yang ditelaah dalam penelitian ini yaitu : (1) stratetgi guru dalam menanamkan karakter kemandirian anak usia dini pasca pandemic Covid-19 di PAUD Terpadu Jogja Citra (2) Faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam menanamkan karakter kemandirian anak usia dini pasca pandemi Covid-19 di PAUD Terpadu Jogja Citra (3) Hasil strategi guru dalam menanmkan karakter kemandirian anak usia dini pasca pandemic Covid-19 di PAUD Terpadu Jogja Citra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan kemandirian anak usia dini pasca pandemi Covid-19 di kelas A1 PAUD Terpadu Jogja Citra yaitu dengan stratetgi pembiasan sudah dilakukan dengan baik. Dimulai dari perencanaan kemudain pelaksanaannya sangat berperan dalam pembentukan karakter mandiri anak didik. Faktor pendukungnya meliputi : sarana dan prasarana yang cukup memadai, Alat Permainan Edukatif yang lengkap. Faktor pendukung berikutnya adalah kondisi pasca pandemi yang pembelajarannya di lakukan secara normal di sekolah sehingga guru bisa menerapkan strateginya dengan mudah dan bisa memantau serta memberi stimulasi secara optimal untuk anak didik. Sedangkan untuk faktor penghambatnya terdapat pada beberapa orang tua yang masih memanjakan anaknya. Orang tua juga masih kurang percaya dengan kemampuan anaknya sehingga stimulasi kemandirian tidak berlanjut saat anak berada di rumah. Hasil dari strategi guru dalam menanamkan karakter kemandirian anak usia dini pasca pandemi Covid-19 di kelas A1 PAUD Terpadu Jogja Citra adalah kemandirian anak pasca pandemi saat pembelajaran dilakukan di sekolah dan menggunakan strategi pembiasaan maka kemandirian anak berkembang dengan baik dan terstimulus secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang didapat peneliti bahwa anak-anak kelas A1 dapat melakukan kegiatan yang diberikan oleh guru secara mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Karakter Kemandirian, Pasca Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 09:09
Last Modified: 17 Oct 2022 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum