EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING MODEL CIPP PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 4 BANTUL

Umi Hanifah, NIM.: 15490075 (2022) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING MODEL CIPP PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING MODEL CIPP PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 4 BANTUL)
15490075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING MODEL CIPP PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 4 BANTUL)
15490075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peniliti terhadap evaluasi program pembelajaran daring (dalam jaringan) pada masa pandemi covid-19. Dimana kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan secara tatap muka langsung harus diganti dengan pembelajaran daring untuk mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran daring model CIPP pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XII masa pandemi covid-19 di MAN 4 Bantul. Penelitian ini menggunakan model CIPP yaitu context, input, process, product. Sebagai metode untuk mengevaluasi program pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Waka bagian Kurikulum, Waka bagian Sarana dan Prasarana, tenaga pendidik Aqidah Akhlak kelas XII, dan peserta didik kelas XII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data penelitian ini dengan cara triangulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi konteks meliputi perencanaan pembelajaran daring dilaksanakan sesuai dengan kurikulum darurat, kebutuhan pembelajaran daring, dan tujuan pembelajaran daring sesuai dengan perencanaan pembelajaran daring (2) Evaluasi masukan meliputi tenaga pendidik dan peserta didik kelas XII, sarana dan prasarana pembelajaran daring dan sumber dana yang digunakan selama pembelajaran daring sudah terpenuhi (3) Evaluasi proses meliputi implementasi proses pembelajaran daring mata pelajaran Aqidah Akhlak dilakukan melalui aplikasi grup whatsapp (4) Evaluasi hasil meliputi hasil pembelajaran daring mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XII kurang maksimal karena rata-rata nilai peserta didik banyak yang belum memenuhi KKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nora Saiva Jannana M.Pd
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pendidikan, CIPP, Pembelajaran Daring
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Covid-19
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 09:50
Last Modified: 17 Oct 2022 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum