ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII

Nurhul Rahmahwati, NIM.: 15600014 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII)
15600014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII)
15600014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman Yogyakarta. Kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika karena selain sebagai alat bantu bagi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari juga merupakan alat untuk mengkomunikasikan berbagai ide/ gagasan dalam matematika. Kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematis diduga berkaitan dengan cara atau gaya siswa menyerap, mengolah, dan mengatur informasi yang diperoleh pada saat pembelajaran. Materi pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa adalah pokok bahasan Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti sebagai instrumen utama, angket sebagai instrumen untuk mengklasifikasi jenis gaya belajar yang dimiliki siswa, tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada teknik model Miles and Huberman, meliputi (1) reduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kriteria derajat kepercayaan, meliputi (1) triangulasi, (2) ketekunan pengamatan, (3) pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh skor gaya belajar tinggi sebagian besar memperoleh nilai kemampuan komunikasi matematis tinggi sedangkan siswa yang memperoleh skor gaya belajar rendah memperoleh nilai kemampuan komunikasi matematis rendah. Kelemahan siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan komunikasi matematis sebagian besar ditemukan pada indikator 4 dan 5. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar visual adalah baik (2,94), kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar auditorial adalah baik (3,06), kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar kinestetik adalah cukup (2,49). Secara keseluruhan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas VIII adalah baik (2,90).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, Kemampuan komunikasi Matematis, Luas Permukaan, Volume Balok, Volume Kubus
Subjects: Komunikasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 09:55
Last Modified: 17 Oct 2022 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum