PENJADWALAN PRODUKSI UNTUK MEMINIMALKAN MAKESPAN DENGAN METODE PALMER, GUPTA, DANNENBRING DI CV. SUMBER BAJA PERKASA

Muhammad Hadi Dahlan, NIM.: 15660003 (2022) PENJADWALAN PRODUKSI UNTUK MEMINIMALKAN MAKESPAN DENGAN METODE PALMER, GUPTA, DANNENBRING DI CV. SUMBER BAJA PERKASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENJADWALAN PRODUKSI UNTUK MEMINIMALKAN MAKESPAN DENGAN METODE PALMER, GUPTA, DANNENBRING DI CV. SUMBER BAJA PERKASA)
15660003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENJADWALAN PRODUKSI UNTUK MEMINIMALKAN MAKESPAN DENGAN METODE PALMER, GUPTA, DANNENBRING DI CV. SUMBER BAJA PERKASA)
15660003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

CV. Sumber Baja Perkasa dalam melayani konsumen menerapkan sistem make to order dalam memenuhi permintaan pelanggannya. Selain itu perusahaan akan menyelesaikan permintaan berdasarkan urutan waktu datangnya pesanan. Dampaknya ketika penjadwalan yang dilakukan kurang tepat maka makespan dalam proses produksi nya akan meningkat. Besarnya makespan akan berakibat pada waktu proses yang bertambah sehingga waktu yang dimiliki perusahaan untuk membuat produk lain menjadi lebih sedikit. Salah satu produk yang memiliki permintaan cukup banyak dari pada produk yang lain ialah brake wheel. Upaya yang ada dilakukan untuk memenuhi target produksi. Dalam penjadwalan ,dengan meminimasi makespan menjadi salah satu cara untuk menekan waktu produksi agar makespan tidak besar. Oleh karena itu, perlunya penjadwalan yang optimal guna mengurangi risiko keterlambatan penyelesaian produk yang dipesan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil terbaik dengan nilai Makespan kecil dengan menggunakan metode Palmer, Gupta, dan Dannenbring. Sehingga dapat ditentukan yang terbaik diantara metode tersebut dan dapat digunakan. Pemrosesan dimulai dari data yang telah diperiksa secara seragam dan cukup kemudian dihitung menggunakan metode Palmer, Gupta dan Dannenbring. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan metode gupta didapatkan nilai Makespan 7917,93 dengan urutan 2-1-4-7-5-3-6 dibandingkan dengan metode aktual perusahaan mampu menghemat waktu pengerjaan produk sebesar 28,21 jam. Sedangkan dengan metode Dannenbring didapatkan nilai Makespan 7917,93 dengan urutan 2-1-4-7-5-3-6 dibandingkan dengan metode aktual perusahaan mampu menghemat waktu pengerjaan produk sebesar 28,21 jam. Oleh karena itu, metode ini dapat diterapkan oleh CV. Sumber Baja Perkasa untuk mengatur perencanaan produksi produksi brake wheel dan juga dapat diterapkan untuk mengatur jadwal produksi produksi untuk jenis produk lain untuk mengurangi waktu produksi .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Trio Yonathan Teja Kusuma, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Makespan, Palmer, Gupta, Dannenbring
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 11:03
Last Modified: 17 Oct 2022 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54238

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum