PENYUSUNAN BOOKLET MELALUI STUDI KEANEKARAGAMAN SPESIES MAGNOLIOPHYTA DI BUKIT KUKUS, MUNTOK, BANGKA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

Yuliza Barokah, NIM.:15680027 (2022) PENYUSUNAN BOOKLET MELALUI STUDI KEANEKARAGAMAN SPESIES MAGNOLIOPHYTA DI BUKIT KUKUS, MUNTOK, BANGKA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian penyusunan booklet ini bertujuan 1) Inventarisasi dengan cara mengidentifikasi dan mendokumentasikan spesies dari divisi magnoliophyta yang ditemukan di Bukit Kukus, Air Belo, Muntok. Bangka Barat, 2) Menghasilkan booklet ragam magnoliophyta untuk sumber belajar mandiri, dan 3) Mengetahui kelayakan booklet ragam magnoliophyta sebagai sumber belajar mandiri. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu inventarisasi keanekaragaman jenis spesies magnoliophyta, penyusunan dan pengujian kelayakan booklet keanekaragaman spesies magnoliophyta. Inventarisasi spesies magnoliophyta di Bukit Kukus didapatkan hasil sebanyak 23 famili yang terdiri dari 40 spesies. Penelitian dilakukan dengan teknik observasi, identifikasi, dan klasifikasi tumbuhan sekitar jalur pendakian. Penyusunan booklet ragam magnoliophyta dilakukan dengan menggunakan aplikasi microsoft power point. Produk tersebut diuji kelayakan kualitasnya oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 siswa kelas XI dan XII SMA. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa booklet ragam magnoliophyta di Bukit Kukus layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri dengan presentase keidealan produk dari ahli materi 85,45%(Sangat Baik), ahli media 88%(Sangat Baik), peer reviewer 88,4%(Sangat Baik), guru biologi 100%(Sangat Baik), dan siswa 87,08%(Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Inventarisasi, Magnoliophyta, Booklet, Bukit Kukus
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 11:52
Last Modified: 21 Oct 2022 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum