MUATAN DAKWAH DALAM ARTIKEL ( OPINI )DOSEN DAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DI HARIAN UMUM KEDAULATAN RAKYAT PERIODE JULI 2004 - .JULI 2005

M. Arief Efendi H, NIM. 02210849 (2006) MUATAN DAKWAH DALAM ARTIKEL ( OPINI )DOSEN DAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DI HARIAN UMUM KEDAULATAN RAKYAT PERIODE JULI 2004 - .JULI 2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUATAN DAKWAH DALAM ARTIKEL ( ()PINI )DOSEN DAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DI HARIAN UMUM KEDAULATAN RAKYAT PEIUODE JULI 2004 - .JULI 2005)
02210849_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MUATAN DAKWAH DALAM ARTIKEL ( ()PINI )DOSEN DAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DI HARIAN UMUM KEDAULATAN RAKYAT PEIUODE JULI 2004 - .JULI 2005)
02210849_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Setiap manusia tercipta mempunyai citra yang mulia sekali yakni sebagai khalifah jil ard. Untuk berjuang dijalan Allah SWT sebagai bahagian dari masyarakat yang multi agama, multi kultural pasti membutuhkan metode tersendiri baik itu pendekatan psikologis, sosial yang didapat dari dunia akademis khususnya. Dalam hal ini dunia akademis sangat berperan aktif demi terciptanya pendakwah ( oral maupun tulisan) yang produktif, karena dengan teori yang didapat didunia akademis tanpa diterapkan bagi lingkunagn sekitar sama saja tiada gunanya. Jadi dakwah demi mengajak kejalan ma'ruf tidak hanya berbicara ( cernmah) kc berbagai tempat, akan tetapi dapat dilak.ukan dengan tulis menulis seperti halnya menulis dimedia massa yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Alhamdulillah setelah menguraikan dengan panjang lebar berbagai macam tentang muatan dakwah yang ada dalam artikel (opini) Dosen dan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Kedaulatan Rakyat Periode Juli 2004 - Juli 2005 terdiri dari : a. Artikel yang bermuatan Politik Islam. Disini artikel bermuatan politik Islam mendapat persentase tertinggi s..:b;:rnyak 5 artikd dari artikel bermuatan dakwah sebanyak 11. Jadi pada kenyataanrnya penulisan harus aktual dengan melihat kondisi sosial yang berkembaug saat itu. Politik dan agama tidak dapat di pisahkan, sebab politik juga merupakan surnber keberhasilan dalam menyiarkan syi'ar dalam islam itu sendiri. Tslam yang dikenal dengan agama yang damai, selalu ·mengajarkan ketenteraman bagi alam, wilayah sekitar khususnya kaum muslirn dan wnumnya umat manusia. Perkembangan politik dapat sejalan dengan perkembangan pers yang ada. kedudukan pers dalam politik juga seharusnya hums mengcmban nilai - nilai pancasila yang ada. sebab dalam pancasila sudah mencakup ajaran dalam agama islam. Politik Islam yang bersumber dari Al - Qur'an dan Al - Hadis seharusnya menjadi dasar pemikiran bagi elit politik yang ada demi mencapai politik yang jauh duri penindasan, Kornpsi, Kulusi dan Nepotisme. Begitu juga halnya politik dalam agama merupakan bahagian yang sejalan dimana dalam perkembangan ajaran yang di bawakan oleh nabi Muhammad SAW tidak terlepas dari politik beliau yang santun dan damai. Seperti halnya hijrahnya nabi Muhammad merupakan momentum perpolitikan beliau yang perlu di anut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Hamdan Daulay, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Artikel (Opini) Dosen Dan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Harian Umum Kedaulatan Rakyat
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Oct 2022 11:25
Last Modified: 18 Oct 2022 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum