UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KALANGAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (STUDI KASUS : DESA PULUHAN TENGAH KECAMATAN JAKENAN KABUPATEN PATI JAWA TENGAH)

Ratri Normey Astuti, NIM.: 15350038 (2022) UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KALANGAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (STUDI KASUS : DESA PULUHAN TENGAH KECAMATAN JAKENAN KABUPATEN PATI JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Tujuan utama perkawinan yaitu mewujudkan keluarga sakinah. Seluruh pasangan tentu mendambakan rumah tangga yang bahagia lahir dan batin. Begitupula bagi mereka yang berprofesi sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Mereka mempunyai tanggung jawab atas pekerjaan yang menyebabkan minimnya komunikasi. Hal ini menimbulkan problematika dalam rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang keluarga sakinah menurut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Puluhantengah, untuk mengetahui upaya yang dilakukan keluarga Tenaga Kerja Indonesi (TKI) di Desa Puluhantengah dalam mewujudkan keluarga sakinah. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh secara langsung dengan menggunakan hasil wawancara dengan keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan data sekunder yang mengacu pada literatur tentang keluarga sakinah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan oleh penulis adalah metode analisis kualitatif dengan pendekatan normatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, gambaran upaya-upaya yang dilakukan keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Puluhantengah adalah dengan melakukan komunikasi rutin, meskipun bukan setiap hari, dengan keluarga, dan juga terpenuhinya kebutuhan ekonomi menjadikan rumah tangga lebih damai. Problematika yang harus dihadapi pekerja TKI dalam mewujudkan keluarga sakinah adalah minimnya komunikasi antar pasangan ataupun keluarga yang disebabkan oleh keterbatasan jarak dan waktu. Adapun upaya mewujudkan keluarga sakinah pasangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah saling mengerti satu sama lain, saling perhatian, dan saling jujur. Hal ini selaras dengan reaksi suami dan istri yaitu saling pengertian, menyesuaikan diri, saling memupuk rasa cinta, saling memaafkan saling menerima kenyataan , saling melakukan musyawarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yasin Baidi, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kelurga Maslahah, Sakinah, Tenaga Kerja Indonesia (TKI)
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2022 09:11
Last Modified: 21 Oct 2022 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum