PERAN PEMANGKU ADAT DALAM MEMBERANTAS NARKOBA DI KALANGAN ANAK MUDA (Studi tentang Peran Niniak Mamak dalam Mengantisipasi Narkoba Kasus : Nagari Ampang Kuranji, Kec. Koto Baru, Kab. Dharmasraya)

Farantesya Putri Utami, NIM: 18107020012 (2022) PERAN PEMANGKU ADAT DALAM MEMBERANTAS NARKOBA DI KALANGAN ANAK MUDA (Studi tentang Peran Niniak Mamak dalam Mengantisipasi Narkoba Kasus : Nagari Ampang Kuranji, Kec. Koto Baru, Kab. Dharmasraya). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMANGKU ADAT DALAM MEMBERANTAS NARKOBA DI KALANGAN ANAK MUDA (Studi tentang Peran Niniak Mamak dalam Mengantisipasi Narkoba Kasus : Nagari Ampang Kuranji, Kec. Koto Baru, Kab. Dharmasraya))
18107020012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMANGKU ADAT DALAM MEMBERANTAS NARKOBA DI KALANGAN ANAK MUDA (Studi tentang Peran Niniak Mamak dalam Mengantisipasi Narkoba Kasus : Nagari Ampang Kuranji, Kec. Koto Baru, Kab. Dharmasraya))
18107020012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini kasus narkoba sedang marak terjadi. Kasus narkoba ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar, tetapi juga masuk ke desa-desa seperti di Nagari Ampang Kuranji Kec. Koto Baru, Kab. Dharmasraya. Kasus narkoba di Nagari Ampang Kuranji mengalami peningkatan setiap tahunnya hal ini diketahui dari data yang di dapat dari Polres Dharmasraya. Di Minangkabau kasus narkoba ini dibantu oleh Niniak Mamak untuk menyelesaikannya, karena di Minangkabau Niniak Mamak adalah orang yang disegani dan berperan penting dalam Nagari dan menjaga cucu kemenakan dari hal-hal yang tidak di inginkan, karena kebanyakan orang yang terlibat penggunaan narkoba di Nagari Ampang Kuranji adalah anak-anak muda. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui bagaimana peran yang dilakukan Niniak Mamak sebagai pemangku adat dalam memberantas narkoba di kalangan anak muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersiat deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan adalah teori peran dari Biddle dan Thomas. Hasil temuan peneliti di lapangan yaitu, gambaran umum tentang Nagari Ampang Kuranji, sejarah Nagari dan visi misi Nagari Ampang Kuranji dan peran yang dilakukan Niniak Mamak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui begaimana peran yang dilakukan Niniak Mamak dalam mengatasi kasus narkoba yang melibatkan anak-anak muda Nagari Ampang Kuranji. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Niniak Mamak sudah berperan dalam memberantas narkoba di kalangan anak muda. Peran yang dilakukan Niniak Mamak baru sebatas melakukan musyawarah sesama Niniak Mamak dan pemerintah Nagari serta tokoh masyarakat. Selain itu juga Niniak Mamak melakukan wirid Nagari yang dilakukan satu kali sebulan yang membahas tentang Nagari dan kenakalan-kenakalan remaja seperti narkoba dan lain sebagainya. Adapun tindakan yang dilakukan Niniak Mamak yaitu menyediakan sebuah lapangan yang menjadi pusat kegiatan anak-anak muda. Tindakan ini bisa terwujud karena dukungan dari pemerintahan Nagari bukan dari Niniak Mamak langsung, sedangkan tindakan nyata Niniak Mamak langsung di lapangan belum ada, baru wacana saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Napsiah, S. Sos., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Niniak Mamak; Wirid Nagari; tokoh adat, narkoba
Subjects: Masalah Sosial
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:59
Last Modified: 19 Oct 2022 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54319

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum